NEWS :BERITA FLU BABI DI INDONESIA

 

http://feverclinic.wordpress.com/category/flu-babi/

 

·         Tangerang Siaga Antisipasi Penyebaran Virus Flu BabiAntara – 2 jam 46 menit lalu Tangerang, (ANTARA) – Kota Tangerang, Banten, siaga terhadap kemungkinan masuknya virus flu babi yang saat ini sedang mewabah di Mexico dan Amerika Serikat. Selengkapnya »

Liputan 6 – Rabu, April 29

Liputan6.com, Brisbane: Australia memperketat pemeriksaan di sejumlah bandar udara internasional untuk mengantisipasi menyebarnya flu babi ke negara tersebut. Para pilot dan awak pesawat yang baru tiba dari Benua Amerika juga diminta melapor ke pihak terkait bandara jika ada penumpangnya menderita gejala flu mencurigakan. Selengkapnya »

detikcom – Rabu, April 29

Meski penyebarannya terbilang cepat, namun flu babi alias swine flu tidak akan seperti pembunuh besar ‘Flu Spanyol’ yang mendunia pada tahun 1918 silam. Selengkapnya »

detikcom – Rabu, April 29

Saat ini butuh waktu beberapa hari untuk mendiagnosa seseorang terkena virus flu burung atau tidak. Namun nantinya cuma butuh waktu beberapa jam untuk memastikan diagnosa tersebut. Selengkapnya »

Liputan 6 – Rabu, April 29

Liputan6.com, London: Bursa saham utama di Eropa, tergelincir pada pembukaan perdagangan Selasa (28/4). Ini menyusul penurunan tajam di bursa Tokyo akibat kekhawatiran penyebaran flu babi yang mematikan dapat mengganggu kebangkitan ekonomi. Selengkapnya »

detikcom – Selasa, April 28

Kasus flu babi (swine flu) terus bertambah. Di Selandia Baru, otoritas setempat tengah menyelidiki 56 kasus dugaan flu babi di negeri itu. Selengkapnya »

  •  

WHO Minta Vaksin Flu Terus Diproduksi

Liputan 6 – Selasa, April 28

Liputan6.com, Nuevo Laredo: Badan Kesehatan Dunia (WHO) menaikkan status siaga wabah flu babi dari level tiga ke level empat. Ini berarti virus flu babi dapat dengan mudah menular antarmanusia. Demikian dikatakan Keiji Fukuda, Asisten Direktur Jenderal WHO, baru-baru ini [baca: WHO Tingkatkan Status Flu Babi]. Selengkapnya »

  •  

Menkes: Tak Perlu Larangan Ciuman, Cukup Masker dan Hidup Sehat

detikcom – Selasa, April 28

Larangan berciuman seperti yang diterapkan pemerintah Mexico untuk mencegah penularan flu babi tidak perlu ditiru Indonesia. Penderita influenza cukup memakai masker dan menerapkan pola hidup sehat. Selengkapnya »

  •  

8 Langkah RI Antisipasi Flu Babi

detikcom – Selasa, April 28

Pemerintah menetapkan delapan langkah antisipasi menghadapi flu babi yang mematikan. Langkah antisipasi yang pelaksanaannya dikoordinasikan oleh Depkes RI tersebut bertujuan demi mencegah menyusupnya virus H1N1 ke Indonesia. Selengkapnya »

·         Lima Dugaan Kasus Flu Babi Ditemukan di AustraliaAntara – Selasa, April 28

Canberra (ANTARA/Xinhua-OANA) – Lima orang di New South Wales (NSW), Australia, akan diperiksa guna mengetahui apakah mereka terserang influensa babi, dan hasilnya diperkirakan diperoleh akhir pekan ini, demikian pernyataan Dinas Kesehatan NSW, Senin. Selengkapnya »

detikcom – Selasa, April 28

Ahli ilmu virus China mengingatkan kemungkinan terjadinya pandemi flu babi (swine flu). Menurutnya hal itu tinggal menunggu waktu. Selengkapnya »

Liputan 6 – Selasa, April 28

Liputan6.com, Badung: Pemerintah Daerah Kabupaten Badung, Bali, bersama Dinas Peternakan dan Perikanan serta Dinas Kesehatan setempat menggelar inspeksi mendadak ke sejumlah peternakan babi di wilayah tersebut, Senin (27/4). Langkah ini sebagai antisipasi penularan flu babi yang kini melanda Mexico City dan Amerika Serikat. Selengkapnya »

detikcom – Selasa, April 28

Virus strain baru flu babi (swine flu) memang bisa mematikan. Apalagi virus strain baru bisa menyebar dengan cepat. Sebabnya, tak seorang pun punya kekebalan alami terhadap virus baru ini. Dan butuh waktu beberapa bulan untuk mengembangkan vaksinasi virus ini. Namun setidaknya ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit flu babi yang ditularkan dari orang ke orang ini. Badan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memberikan beberapa tips.
Tutupi hidung dan mulut Anda dengan tisu jika Anda batuk atau bersin. Kemudian buang tisu itu ke kotak sampah. Sering-seringlah mencuci tangan Anda dengan air bersih dan sabun, terutama setelah Anda batuk atau bersin. Pembersih tangan berbasis alkohol juga efektif digunakan. Jangan menyentuh mulut, hidung atau mulut Anda dengan tangan. Hindari kontak atau berdekatan dengan orang yang sakit flu. Sebab influenza umumnya menyebar lewat orang ke orang melalui batuk atau bersin penderita. Jika Anda sakit flu, CDC menyarankan Anda untuk tidak masuk kerja atau sekolah dan beristirahat di rumah. Di Meksiko, negara yang paling parah dilanda wabah flu babi ini, pemerintah negeri itu mengeluarkan imbauan bagi warganya untuk tidak berciuman, meski hanya cium pipi. Demikian seperti dilansir CNN, Senin (27/4/2009). Selengkapnya »

detikcom – Senin, April 27

Virus mematikan flu babi yang belum pernah ditemukan sebelumnya telah mewabah di Meksiko. Setidaknya 81 orang telah meninggal dan menimbulkan kekhawatiran terjadinya pandemi. Berikut sejumlah fakta yang perlu diketahui mengenai virus strain baru ini: Flu babi sebenarnya merupakan penyakit influenza yang disebabkan virus influenza A subtipe H1N1. Namun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengkonfirmasi bahwa beberapa kasus flu babi yang muncul di Meksiko merupakan strain baru virus H1N1 yang belum pernah ditemukan. Karena itu meski namanya flu babi, namun strain baru ini belum pernah ditemukan pada babi. Ancaman penyakit ini justru pada transmisi dari orang ke orang. Demikian seperti dilansir Reuters, Senin (27/4/2009). Virus ini secara genetik berbeda dengan virus influenza manusia H1N1 yang telah beredar secara global selama beberapa tahun terakhir. Virus flu baru ini mengandung DNA yang identik dengan virus avian, virus babi dan virus manusia, termasuk elemen-elemen dari virus babi Eropa dan Asia. Menurut badan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC), virus ini menular dari orang ke orang. Penularannya melalui bersin, batuk atau ketika seseorang terkena virus ini dari tangan mereka yang tidak dicuci bersih. Lantas bisahkah orang tertular flu babi dengan memakan daging babi? Menurut CDC, tidak, asalkan daging tersebut dimasak secara benar dan matang. Pematangan hingga suhu  160°F telah mematikan virus flu babi maupun virus-virus lain dan bakteri. Sejak Desember 2005 hingga Februari 2009, telah dikonfirmasi adanya 12 kasus penderita flu babi. Namun dari semua kasus itu, hanya satu orang yang pernah melakukan kontak dengan babi. Saat itu belum ada bukti penularan orang ke orang dalam kasus tersebut. Selengkapnya »

Antara – Senin, April 27

Beijing (ANTARA) – China melakukan kerja sama dengan sejumlah negara untuk memberantas flu babi yang menyerang Meksiko dan menyebabkan kematian ratusan warga serta mengancam ke dalam suatu penyakit global. Selengkapnya »

detikcom – Senin, April 27

Meski belum sampai ke Indonesia, namun kita harus mewaspadai virus swine flu atau flu babi yang telah merenggut puluhan nyawa di Meksiko. Selengkapnya »

Liputan 6 – Senin, April 27

Liputan6.com, Denpasar: Pengelola Bandar Udara Ngurah Rai, Bali, mengantisipasi penyebaran virus flu babi dengan memasang alat deteksi flu singapura. Namun, pihak bandara masih sebatas memantau manusia yang diduga terjangkit flu babi. Belum pada hewan khususnya babi yang diduga membawa virus influenza A subtipe H1N1 tersebut. Demikian dikatakan Manajer Personalia dan Umum PT Angkasa Pura I, Alex Pudjianto, Senin (27/4). Selengkapnya »

Antara – Senin, April 27

Manado (ANTARA) – Maraknya pemberitaan terkait penyebaran flu babi di sejumlah negara, ternyata turut meresahkan sejumlah warga di Manado, sambil berharap ada langkah antisipasi secara optimal pemerintah. Selengkapnya »

·         WHO : Flu Babi Punya Potensi PandemiKompas – Minggu, April 26 JENEWA,KOMPAS.com-Penyebaran Flu Babi di Meksiko dan Amerika Serikat memiliki potensi menjadi pandemi dunia namun masih terlalu dini apakah itu betul akan terjadi atau tidak. Selengkapnya »

detikcom – Minggu, April 26

Flu babi jenis baru yang menjangkiti Meksiko memang belum masuk ke Indonesia. Namun Departemen Kesehatan (Depkes) bersikap waspada dan berkoordinasi dengan World Health Organization (WHO) untuk mengantisipasi segala kemungkinan. Selengkapnya »

detikcom – Minggu, April 26

Masyarakat Indonesia bisa berlega hati. Flu babi jenis baru yang merenggut lebih dari 60 nyawa di Meksiko belum masuk ke tanah air. Meski demikian mereka diminta tetap waspada. Selengkapnya »

Liputan 6 – Sabtu, April 25

Liputan6.com, Mexico City: Swine flu atau flu babi mewabah di Meksiko. Virus yang diduga jenis baru ini merupakan kombinasi virus flu babi, flu burung, dan flu manusia. Kasus ini membuat kegiatan belajar mengajar dihentikan. Pemerintah pun menutup museum, perpustakaan, dan gedung teater di penjuru ibu kota Meksiko, Mexico City, serta sejumlah negara bagian, selama satu sehari. Selengkapnya »

detikcom – Sabtu, April 25

Flu babi yang menyebar di Meksiko merupakan jenis baru. Jenis flu ini belum pernah ditemukan sebelumnya. Selengkapnya »

detikcom – Sabtu, April 25

Flu babi yang menyebar di Mexico merupakan jenis baru. Flu ini belum pernah ditemukan sebelumnya. Selengkapnya »

Liputan 6 – Sabtu, April 25

·         Liputan6.com, Mexico City: Sejak akhir Maret, puluhan orang meninggal dan ratusan lainnya tertular penyakit yang tengah mewabah di Meksiko. Sebanyak 57 orang di Kota Meksiko dan tiga lainnya di San Luis Potosi, Meksiko tengah, tewas diduga karena penyakit flu babi. Pemerintah Meksiko baru-baru ini menyatakan 16 orang dipastikan meninggal akibat penyakit itu, sementara 44 lainnya masih diperiksa. Selengkapnya »

·         Antara – Kamis, April 23

·         Los Angeles (ANTARA/Xinhua-OANA) – Dua kasus misterius flu babi pada manusia telah ditemukan di wilayah Imperial dan San Diego di Southern California, AS demikian laporan Rabu. Selengkapnya »

 

 

 

Supported  by
CLINIC FOR CHILDREN

Yudhasmara Foundation

JL Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta Indonesia 102010

phone : 62(021) 70081995 – 5703646

http://childrenclinic.wordpress.com/

 

 

 

Clinical and Editor in Chief :

DR WIDODO JUDARWANTO

email : judarwanto@gmail.com

 

 

 

 

 

 

 

Copyright © 2009, Clinic For Children Information Education Network. All rights reserved.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s