SKRENING FLU A : Deteksi Flu Babi dan Flu Burung denga SD Bio Line Influenza Ag

Flu babi atau Influenza A (H1N1)) dan flu burung (H5N1) termasuk dalam kelompok virus influenza tipe A. Rapid tes SD Bioline Influenza Ag menjadi alat diagnosa cepat untuk membedakan apakah seseorang terkena virus influenza tipe A atau B. Penyediaan alat tersebut sangat penting, sehubungan dengan makin merebaknya kasus tersebut untuk membantu dalam melakukan screening suspect kasus influenza tersebut.

Jika dari hasil tes itu ternyata positif flu tipe A, maka ada kemungkinan bahwa pasien tersebut terinfeksi virus flu babi (H1N1) ataupun flu burung (H5N1). Sebab virus influensa tipe A memiliki beberapa subtipe yang ditandai adanya Hemagglutinin (H) dan Neuramidase (N). Ada 15 varian H dan 9 varian N.

Flu babi (Swine influenza) adalah influensa yang disebabkan oleh virus Orthomyxoviridae yang endemik pada populasi babi. Galur virus flu babi yang telah diisolasi sampai saat ini telah digolongkan sebagai subtipe genus Influenzavirus A. Flu babi menginfeksi manusia tiap tahun dan biasanya ditemukan pada orang-orang yang bersentuhan dengan babi, meskipun ditemukan juga kasus-kasus penularan dari manusia ke manusia.

Gejala virus termasuk demam, disorientasi, kekakuan pada sendi, muntah-muntah, dan kehilangan kesadaran yang berakhir pada kematian. Flu babi diketahui disebabkan oleh virus influenza A subtipe H1N1, H1N2, H3N1, H3N2, dan H2N3. Di Amerika Serikat, hanya subtipe H1N1 lazim ditemukan di populasi babi sebelum tahun 1998. Namun sejak akhir Agustus 1998, subtipe H3N2 telah diisolasi juga dari babi.

Gejalan influensa ini mirip dengan influensa pada umumnya. Gejalanya seperti demam, batuk, sakit pada kerongkongan, sakit pada tubuh, kepala, panas dingin, dan lemah lesu. Beberapa penderita juga buang air besar dan muntah-muntah.

Penamaan jenis penyakit ini dianggap salah oleh berbagai kalangan, karena telah membuat salah tafsir masyarakat bahwa babi dapat menularkan penyakit ini kepada manusia. Untuk itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengganti nama penyakit ini dengan Influensa A (H1N1) mulai 30 April 2009 lalu.

Sedangkan flu burung (avian influenza) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang biasanya menjangkiti burung dan mamalia. Penyebab flu burung adalah virus influensa tipe A yang menyebar antar unggas. Virus ini kemudian ditemukan mampu pula menyebar ke spesies lain seperti babi, kucing, anjing, harimau, dan manusia.

Virus influensa tipe A memiliki beberapa subtipe yang ditandai adanya Hemagglutinin (H) dan Neuramidase (N). Ada 15 varian H dan 9 varian N. Virus flu burung yang sedang berjangkit saat ini adalah subtipe H5N1 yang memiliki waktu inkubasi selama 3-5 hari. Burung liar dan unggas domestikasi (ternak) dapat menjadi sumber penyebar H5N1.

Virus ini dapat bertahan hidup pada suhu dingin. Bahan makanan yang didinginkan atau dibekukan dapat menyimpan virus. Tangan harus dicuci sebelum dan setelah memasak atau menyentuh bahan makanan mentah. Tidak selamanya jika tertular virus akan menimbulkan sakit. Namun demikian, hal ini dapat membahayakan di kemudian hari karena virus selalu bermutasi sehingga memiliki potensi patogen pada suatu saat.

Gejala umum yang dapat terjadi adalah demam tinggi, keluhan pernafasan dan (mungkin) perut. Replikasi virus dalam tubuh dapat berjalan cepat sehingga pasien perlu segera mendapatkan perhatian medis. Penanganan medis maupun pemberian obat dilakukan oleh petugas medis yang berwenang.

Obat-obatan yang biasa diberikan adalah penurun panas dan anti virus. Di antara antivirus yang dapat digunakan adalah jenis yang menghambat replikasi dari neuramidase (neuramidase inhibitor), antara lain Oseltamivir (Tamiflu) dan Zanamivir. Masing-masing dari antivirus tersebut memiliki efek samping dan perlu diberikan dalam waktu tertentu sehingga diperlukan opini dokter.

Prinsip kerja SD Bio Line Influenza Ag

Prinsip dan metode kerja rapid test ini adalah dengan menggunakan gold conjugate dan immuno chromatographic assay dimana hasil tes berupa garis tes dapat dilihat dengan mata langsung tanpa menggunakan alat bantu.

Tiap Box/kit terdiri dari :

– 25 test yang asing-masing dibungkus dengan kantong alumunium foil dengan desicant.
– Control Swab
– Positive Control Influenza Tipe A (Tipe H1N1 & H3N2). Dalam 1 Box terdapat Positive Control Influenza Tipe A
– Positive Control Influenza Tipe B. Dalam 1 Box terdapat 1 Positive Control Influenza Tipe B.
– Negative Control Influenza (Streptococcus pyogenes). Dalam 1 box terdapat 1 Negative Control.

Sementara penggunaan dari alat-alat adalah:

  1. Assay diluent digunakan untuk melarutkan dan mengekstraksi specimen. Dalam 1 box terdapat 10 ml/botol.
  2. Test Tube atau Rack Test Tube (Tabung Reaksi) untuk menyiapkan sampel dan pengujian. Dalam 1 Box terdapat 25 tabung reaksi dan 1 rak untuk tempat tabung reaksi.
  3. Swab yang terbungkus plastik steril untuk mengoleksi specimen. Dalam 1 box terdapat 25 buah.
  4. Pipet Palstik untuk memindahkan assay diluent. Dalam 1 box terdapat 25 dispossable dropp

Rapid test ini memiliki sensitifitas yang tinggi yaitu 91,8% dan spesifisitas 98,9% yang dibandingkan biakan kultur dan RT PCR sebagai standar baku.

Cara penggunaan Rapid Test ini sangat sederhana
1.Ambil spesimen baik berupa usapan (swab) dari tenggorokan atau hidung. Spesimen juga dapat diambil dari aspirate dari hidung maupun tenggorokan.
2.Ambil assay diluent dalam botol dan masukkan dalam tabung reaksi sebanyak 300 ml (sampai batas garis hitam pada dropper/pipet yang telah disediakan)
3.Masukkan usapan (swab) ke dalam tabung reaksi, aduk sedikitnya 5 kali
4.Pindahkan swab sambil diputar di dinding tabung reaksi
5.Masukkan alat test strip kedalam tabung reaksi (dengan tanda panah masuk terlebih dahulu)
6.Tunggu 10-15 menit dan baca hasilnya

Jika muncul garis berwarna merah pada kolom paling kanan (Sebagai C (Control)) dan kolom paling kiri (dekat tanda panah) maka ini berarti positif Influenza Tipe A. Sedangkan Jika muncul garis berwarna merah pada kolom paling kanan (Sebagai C (Control)) dan kolom tengah ini berarti positif Influenza Tipe B. Perlu diperhatikan, jika dalam colom C tidak keluar garis maka hasil tes dinyatakan invalid.

www.growupclinic.com

Supported By:

GRoW UP CLINIC JAKARTA Yudhasmara Foundation GRoW UP CLINIC I Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat 10210, phone (021) 5703646 – 44466102 GRoW UP CLINIC II MENTENG SQUARE Jl Matraman 30 Jakarta Pusat 10430, Phone (021) 44466103 – 97730777email : judarwanto@gmail.com   http://growupclinic.com http://www.facebook.com/GrowUpClinic Creating-hashtag-on-twitter@growupclinic
“GRoW UP CLINIC” Jakarta Focus and Interest on: *** Allergy Clinic Online *** Picky Eaters and Growup Clinic For Children, Teen and Adult (Klinik Khusus Gangguan Sulit Makan dan Gangguan Kenaikkan Berat Badan)*** Children Foot Clinic *** Physical Medicine and Rehabilitation Clinic *** Oral Motor Disorders and Speech Clinic *** Children Sleep Clinic *** Pain Management Clinic Jakarta *** Autism Clinic *** Children Behaviour Clinic *** Motoric & Sensory Processing Disorders Clinic *** NICU – Premature Follow up Clinic *** Lactation and Breastfeeding Clinic *** Swimming Spa Baby & Medicine Massage Therapy For Baby, Children and Teen ***
Professional Healthcare Provider “GRoW UP CLINIC” Dr Narulita Dewi SpKFR, Physical Medicine & Rehabilitation curriculum vitae HP 085777227790 PIN BB 235CF967  Clinical – Editor in Chief : Dr WIDODO JUDARWANTO, pediatrician email : judarwanto@gmail.com curriculum vitae Creating-hashtag-on-twitter: @WidoJudarwanto www.facebook.com/widodo.judarwanto Mobile Phone O8567805533 PIN BB 25AF7035

We are guilty of many errors and many faults. But our worst crime is abandoning the children, neglecting the fountain of life.
Information on this web site is provided for informational purposes only and is not a substitute for professional medical advice. You should not use the information on this web site for diagnosing or treating a medical or health condition. You should carefully read all product packaging. If you have or suspect you have a medical problem, promptly contact your professional healthcare provider

Copyright © 2013, GRoW UP CLINIC Information Education Network. All rights reserved

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s