Umur Panjang, Para Supercentanarians Dengan Genetik Tertentu

Supercentanarians atau orang yang mampu mencapai usia di atas 100 tahun ternyata memiliki gen-gen dengan karakteristik tertentu pada populasi umum. Gen yang bersifat genetik itu melindungi sehingga mereka bisa berumur panjang. Para centenarian ini juga memiliki gen penyakit. Bedanya mereka memiliki varian gen yang bisa menghentikan munculnya penyakit. Akibatnya penyakit itu tidak jadi muncul atau penyakitnya muncul tetapi tidak ganas dan ada juga yang timbul pada lanjut usia

Kelompok supercentanarians memang langka, jumlahnya hanya satu per lima juta penduduk. Para ilmuwan di Amerika Serikat yakin faktor genetik berperan penting mengapa ada orang-orang yang mampu hidup selama itu.

Para ilmuwan menganalisa seluruh urutan gen pria dan wanita yang hidup sampai usia 114 tahun dan menemukan mereka juga memiliki gen yang berkaitan dengan penyakit seperti orang lain yang hidupnya lebih singkat. Para pria berumur panjang tersebut juga memiliki 37 mutasi genetik yang berkaitan dengan risiko kanker kolon. Pada usia lebih dini ada hal yang menghalangi terjadinya kanker kolon tersebut sehingga tidak bermanifestasi.

Sementara itu pada kelompok wanita juga ditemukan berbagai variasi gen yang berkaitan dengan penyakit seperti kanker, Alzheimer dan penyakit jantung. Sebagian menderita gagal jantung dan penurunan kemampuan kognitif, tetapi kondisi itu baru muncul setelah mereka berusia 108 tahun.

Kesejahteraan sosial baik material maupun spiritual yang diliputi oleh rasa keselamatan, kesusilaan, dan ketenteraman lahir batin yang memungkinkan bagi setiap warga negara untuk mengadakan pemenuhan kebutuhan jasmani, rohani, dan sosial yang sebaik-baiknya bagi diri, keluarga, serta masyarakat dengan menjunjung tinggi hak dan kewajiban asasi manusia sesuai ajaran agama dan budaya yang harus dinikmati hingga lanjut usia. Lanjut Usia adalah seseorang yang telah mencapai usia 60 tahun (enam puluh) tahun ke atas. Lanjut Usia Potensial adalah lanjut usia yang masih mampu melakukan pekerjaan dan/atau kegiatan yang dapat menghasilkan barang dan/atau jasa. Sedangkan sebgian lagi masuk dalam kelompok Lanjut Usia Tidak Potensial atau lanjut usia yang tidak berdaya mencari nafkah sehingga hidupnya bergantung pada bantuan orang lain.

Supported  by

Koran Indonesia Sehat Yudhasmara Foundation

JL Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat Phone :62 (021) 70081995 – 5703646   

Clinical and Editor in Chief : Dr Widodo Judarwanto SpA, pediatrician.  email : judarwanto@gmail.com,            

For Free Newsletter join with this twitter :     https://twitter.com/WidoJudarwanto                                                                                                 

Information on this web site is provided for informational purposes only and is not a substitute for professional medical advice. You should not use the information on this web site for diagnosing or treating a medical or health condition. You should carefully read all product packaging. If you have or suspect you have a medical problem, promptly contact your professional healthcare provider. 

Copyright © 2011, Koran Indonesia Sehat Information Education Network. All rights reserved

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s