Penyebab Nyeri Perut Dan Daftar Lengkap Obat Pencernaan


Penyebab Nyeri Perut Dan Daftar Lengkap Obat Pencernaan

Penyebab Nyeri Perut

  • Saluran Cerna: Nyeri abdomen nonspesifik, Appendicitis, Obstruksi usus halus dan kolon, Perforasi pada peptic ulser, Hernia inkarserata, Perforasi usus atau Diverticulitis
  • Hati, Limpa dan empedu: Akut kolesistisis, Akut kholangitis, Abses hepar, Hepatitis akut, Limpa yang trauma atau rusak
  • Pancreas: Akut pancreatitis
  • Saluran Kemih: Kolik ginjal, kut pyelonefritis
  • Ginekologi: Akut salpingitis, Kehamilan ektopik yang ruptur
  • Pembuluh darah: Acute ischemic colitis, Mesenteric thrombosis
  • Peritoneum: Abses intra abdominal, Peritonitis tuberkulosis
  • Retroperitoneum: Perdarahan retroperitoneum

Lokasi nyeri perut dan asal embriologi nya

  • Epigastrik (Perut Tengah Atas) : Foregut (lambung, duodenum, hati, pancreas, empedu)
  • Periumbilikal (Perut Kanan Bawah) : Midgut ( usus halus dan usus besar termasuk apendiks)
  • Suprapubik (Perut Bawah Tengah) : Hindgut ( rectum dan organ urogenital)

Lokasi Nyeri Perut Dan kemungkinan Penyebab

  • Kanan bagian atas, kemungkinan yang mengalami gangguan adalah organ-organ yang terletak pada bagian kanan atas adalah Gangguan Hati, Radang pada kandung empedu akibat adanya batu, serta kadang-kadang bisa terjadi radang usus kecil.  Nyeri kantung empedu sifat nyeri hebat, tetap/konstan, nyeri kuadran kanan atas/ epigastrik dan sering memburuk setelah makan makanan yang berlemak (fatty foods). Tetapi kalau tempat nyeri berada agak ditengah dan rasa nyerinya sampai menembus kebelakang, kemungkinan gangguan Ginjal harus dicurigai. Kolik renal atau gangguan nyeri disebabkan gangguan ginjal: nyeri kolik pada sudut tertentu bagian ginjal, yang nyeri bila ditekan, menjalar ke panggul. Khasnya  pasien tidak dapat menemukan posisi yang dapat mengurangi nyeri. Namun pada kolik ginjal dapat juga terjadi di bagian sebelah kiri.  Iskemik usus atau usus yang rusak, nyeri bersifat tumpul, hebat, tetap/konstan, nyeri abdomen kuadran kanan atas yang meningkat saat makan.
  • Kiri bagian atas, Kolik renal atau gangguan nyeri disebabkan gangguan ginjal: nyeri kolik pada sudut tertentu bagian ginjal, yang nyeri bila ditekan, menjalar ke panggul. Khasnya  pasien tidak dapat menemukan posisi yang dapat mengurangi nyeri. Namun pada kolik ginjal dapat juga terjadi di bagian sebelah kiri. Nyeri ulkus peptic nyeri bersifat tumpul, nyeri terbakar (burning) di epigastrium. Khasnya episode malam, membangunkan pasien dari tidur. Diperparah oleh makan dan kadang kadanga dikurangi dengan minum susu atau antasida.
  • Kanan bawah, penyebab yang paling sering adalah radang dari usus buntu atau  Appendicitis, kemudian penyebab lain yang cukup sering adalah infeksi saluran kencing, atau pada wanita patut dicurigai adanya radang saluran indung telur, infeksi usus halus atau usus besar. Untuk membedakan antara usus buntu dengan infeksi saluran kencing yaitu :  Pada usus buntu gejala yang menyertai adalah demam, bisa juga disertai rasa mual sampai muntah dan kadang bisa juga disertai diare, biasanya nyeri yang timbul kuat sekali sampai si penderita selalu membungkukkan badannya karena menahan nyeri di bagian perut kanan bawah.  Sedangkan pada infeksi saluran kencing biasanya adalah sering kencing, rasa nyeri bila kencing, juga rasa perih pada waktu kencing, juga bisa disertai demam tinggi dan rasa mual muntah juga. Nyeri kolon tampilannya kadang kadang nyeri dapat berkurang sementara oleh defekasi atau flatus
  • Nyeri Perut Bagian Tengah Atas Bila anda mendadak merasakan nyeri didaerah ulu hati disertai rasa mual dan rasa kembung, kemungkinan besar anda menderita Gastritis, dispepsia atau gangguan lain lam,bung.  Gastritis adalah sakit pada bagian lambung, jadi kurang lebih artinya sama saja. Arti Gastritis sebenarnya adalah terjadinya proses radang pada lambung.  Penyebab lain adalah nyeri pancreas, lokasi di sekitar epigastrium atau perut bagian tengah, menjalar ke punggung, membaik saat duduk dan posisi condong kedepan.  Obstruksi usus halus biasanaya nyeri kolik sentral yang berhubungan dengan muntah, distensi dan konstipasi
  • Perut Bawah tengah Nyeri kandung kemih biasanya nyeri difus yang hebat di regio suprapubik. Nyeri prostat tampilannya nyeri tumpul yang dirasakan di lower abdomen, rectum, perineum atau paha anterior. Nyeri uretra sangat bervariasi mulai dari ketidaknyamanan hingga nyeri tajam yang hebat yang dirasakan pada ujung akhir uretra (ujung penis pada pria) dan semakin nyeri saat miksi. Bisa sangat parah sehingga pasien akan berusaha menahan kencingnya yang dapat menimbulkan masalah baru

Daftar Lengkap Harga dan Jenis Obat Pencernaan

      • Golongan obat antasida dan proton.Obat golongan ini berupa basa lemah, contoh nya Aluminium Hidroksida dan Magnesium Hidroksida (Antasida). Hampir obat golongan ini tidak diabsorpsi di usus sehingga tidak menimbulkan sifat basa di usus. Biasanya obat pencernaan jenis antasida dan antiulserasi untuk mengobati ulkus/luka/tukak yang terjadi pada pada saluran cerna seperti :
        Ulkus duodenalis/ulkus duodenum, merupakan jenis ulkus peptikum yang paling banyak ditemukan, terjadi pada duodenum (usus dua belas jari), yaitu beberapa sentimeter pertama dari usus halus, tepat dibawah lambung. Ulkus gastrikum lebih jarang ditemukan, biasanya terjadi di sepanjang lengkung atas lambung. Jika sebagian dari lambung telah diangkat, bisa terjadi ulkus marginalis, pada daerah dimana lambung yang tersisa telah disambungkan ke usus. Regurgitasi berulang dari asam lambung ke dalam kerongkongan bagian bawah bisa menyebabkan peradangan (esofagitis) dan ulkus esofagealis. Ulkus Peptikum adalah luka berbentuk bulat atau oval yang terjadi karena lapisan lambung atau usus dua belas jari (duodenum) telah termakan oleh asam lambung dan getah pencernaan. Juga hiperasiditas (keasaman berlebih) dan kondisi hipersekresi asam lambung oleh penyakit ( sindroma Zolinger Ellison, mastositosis sistemik).
      • Obat yang menghambat pompa proton, contohnya Omeprazol, Lansoprazol dan Pantoprazol.Omeprazol digunakan terhadap tukak saluran cerna yang parah dengan menekan sekresi asam lambung melalui mekanisme yang sangat selektif. Golongan ini harus digunakan hati-hati  pada pasien dengan penyakit hati, kehamilan dan menyusui. Interaksi obat : Warfarin, fenitoin, diazepam, yang akan mengganggu proses penyerapan.
      • Obat pencernaan jenis regular GIT , antifatulen dan anti inflamasi Regular GIT (gastrointestinal) adalah obat pencernaan ditujukan untuk menghentikan gangguan motilitas/pergerakan dari gastro intestinal. Antiflatulen adalah obat mengatasi gas yang berlebihan pada sistem pencernaan seperti pada meteorisme .Obat pencernaan jenis ini juga biasanya digunakan unutk mengatasi mual atau muntah. Obat kembung yang beredar di Indonesia adalah :
      1. Cisapride. Cisapride adalah obat yang meningkatkan pergerakan atau kontraksi dari lambung dan usus. Obat ini digunakan untuk mengobati gejala seperti kembung yang disebabkan kembalinya asam lambung ke esophagus.
      2. Dimethicone dan derivatnya Dimethicone mempunyai nama lain dimethylpolysiloxane. Derivatnya adalah simethicone yang merupakan campuran polydiethylpolysiloxane. Merupakan obat antifoaming yang diperuntukan untuk mengurangi kembung, ketidaknyamanan dan sakit yang disebabkan kelebihan gas pada saluran cerna dan usus. Cara kerjanya dengan menurunkan tegangan permukaan dari gas sehingga buih di dalam pencernaan membentuk gelembung yang besar yang mudah dikeluarkan oleh tubuh. Bentuk sediaan yang ada adalah tablet, kapsul dan cairan suspensi. Obat ini tidak diserap oleh tubuh ke aliran darah, sehingga relatif aman, efek samping hanya berupa konstipasi, diare dan nyeri perut.
      3. Clebopride Diindikasikan untuk mual & muntah yang disebabkan berbagai hal baik obat maupun penyakit.
      4. Metoclopramide Metoclopramide merupakan benzamida tersubstitusi yang merangsang motilitas saluran pencernaan makanan tanpa mempengaruhi sekresi lambung, empedu atau pankreas. Metoclopramide mempunyai aktivitas parasimpatomimetik dan mempunyai sifat antagonis reseptor dopamin dengan efek langsung pada kemoreseptor “trigger zone”. Metoclopramide kemungkinan juga mempunyai sifat antagonis reseptor serotonin.
      5. Domperidone Domperidone merupakan antagonis dopamine yang mempunyai kerja antiemetik prokinetik, dengan efek seperti metoclopramide. Karena tidak menembus aliran darah reaksi ekstrapiramidial jarang sekali terjadi. Pemberian peroral domperidone menambah lamanya kontraksi antral dan duodenum, meningkatkan pengosongan lambung dan tekanan pada esofagus sprinkter.
      6. Hyoscine Merupakan alkaloid yang bersifat antikolinergik dengan fungsi untuk gangguan kontraksi saluran pencernaan, kandung empedu, saluran kemih dan saluran alat kelamin wanita. Sediaannya biasanya dikombinasi dengan metampiron atau paracetamol.
      7. Mesalazine Mesalazine termasuk golongan obat aminosalisilat. Oabt ini digunakan untuk mengurangi pembengkakan pada radang usus besar. Akibat radang usus besar terjadinya pembengkakan dan pendarahan apda usu besar yang menyebabkan gejala sakit pada abdominal dan diare bercampur darah, nanah dan lendir. Mesalazine bekerja dengan mengurangi pembengkakan pada usus, sehingga mengurangi gejala yang disebabkan penyakit.
      • Obat antispasmodik Obat pencernaan jenis ini digunakan unutk mengatasi kejang pada saluran cerna yang mungkin disebabkan diare, gastritis, tukak peptik dan sebagainya. Antispasmodik adalah obat yang digunakan untuk mengatasi kejang pada saluran cerna yang mungkin disebabkan diare, gastritis, tukak peptik dan sebagainya
      1. Hyoscine Obat ini beraksi pada sistem saraf otonom dan mencegah kejang otot. Obat ini biasa digunakan untuk pra pengobatan untuk mengosongkan secresi paru-paru. Obat ini juga digunakan untuk pengobatan tukak lambung.
      2. Clidinium Kombinasi chlordiazepoxide dan clidinium bromide digunakan untuk mengobati lambung yang luka dan teriritasi. Obat ini membantu mengobati kram perut dan abdominal. Chlordiazepoxide dapat menyebabkan kecanduan. Meskipun demikian, sewaktu mengkonsumsi chlordiazepoxide dan clidinium bromide, jangan minum dengan dosis besar atau minum lebih lama dari yang dokter resepkan. Toleransi mungkin terjadi karena pemakaian jangka panjang atau berlebihan yang membuat pengobatan kurag efektif. Obat ini harus dikonsumsi secara teratur agar pengobatannya efektif. Jangan lewatkan dosis walaupun anda pikir anda tak membutuhkannya. Jangan konsumsi kombinasi obat ini lebih dari 4 bulan atau menghentikan pengobatan tanpa konsultasi ke dokter anda terlebih dahlu. Penghentian obat yang mendadak akan memperparah kondisi penyakit anda dan menimbulkan gejala withdrawal symptoms (anxiousness, sleeplessness, and irritability).
      3. Mebeverine Obat ini digolongkan sebagai obat antispasmodic. Mebeverine digunakan untuk mengobati kram dan kejang pada perut dan usus. Mebeverine khususnya digunakan dalam pengobatan irritable bowel syndrome (IBS) dan konsisi sejenis. Di Indonesia Mebeverine hanya tersedia dalam bentuk tablet.
      4. Papaverine Papaverine digunakan untuk meningkatkan peredaran darah pada pasien dengan masalah sirkulasi darah. Papaverine bekerja dengan merelaksasi saluran darah sehingga darah dapat mengalir lebih mudah ke jantung dan seluruh tubuh. Papaverine adalah golongan alkaloid opium yang diindikasikan untuk kolik kandungan empedu dan ginjal dimana dibutuhkan relaksasi pada otot polos, emboli perifer dan mesenterik. Sediaannya selain tunggal juga ada yang dikombinasi dengan obat Metamizole
      5. Timepidium Timepidium diindikasikan untuk sakit akibat spasme/kejang otot halus yang disebabkan oleh gastritis (radang lambung), ulkus peptikum, pankreatitis, penyakit kandung empedu dan saluran empedu, lithangiuria.
      6. Pramiverine Pramiverine diindikasikan untuk spasme/kejang dan kolik yang terasa sangat sakit pada saluran pencernaan, saluran empedu, dan saluran kemih, dismenore (nyeri perut pada saat haid), nyeri setelah operasi.
      7. Tiemonium Tiemonium Methylsulfate adalah obat antispasmodic antikolinergik sintetis. Tiemonium mengurangi kejang otot pada usus, bilari, kandung kemih, dan uterus. Tiemonium diindikasikan untuk nyeri pada penyakit gastrointestinal dan biliary and seperty gastroenteritis, diare, disentri, biliary colic, enterocolitis, cholecystitis, colonopathies.
    • Obat diare (obat sakit perut) Obat pencernaan jenis ini diunakan untuk diare non spesifik artinya diareyang tidak dikethaui penyebabnya. Jika sudah diketahui penyebabnya misalnya bakteri digunakan antibiotik.
    • Obat pencernaan jenis laksatif atau obat pencahar (obat sembelit) Obat pencernaan jenis ini digunakan pada masalah sembelit atau sulit bang air besar dengan cara melembekkan feses atau merangsang untk melakukan defikasi.
    • Obat pencernaan jenis digestan Obat pencernaan jenis ini biasanya berisi enzim-enzim atau campurannya yang berguna untuk memperbaiki fungsi pencernaan.
    • Obat pencernaan jenis kolagogum, kolelitolitik dan hepati protektor Pada obat pencernaan golongan ini tidak langsung berkaitan dengan saluran cerna tetapi lebih kepada fungsi hati dan empedu yang bermasalah.
    • Obat pencernaan untuk hemoroid Obat pencernaan golongan ini untuk permasalahan pada anus yaitu hemoroid/wasir atau luka.
    • Golongan antagonis reseptor H2. Cara kerjanya menekan pembebasan asam yang diproduksi oleh gastrin, menghambat sekresi asam basa dan sekresi asam yang distimulsi oleh histamin. Mengkonsumsi obt golongan ini dapat meringankan  gangguan pencernaan akibat obat2an gol AINS/Analgesik. Contoh obat golongan antagonis reseptor H2 yaitu Cimetidine, Famotidine dan Ranitidin.
    • Golongan yang meningkatkan pertahanan mukosa. Cara  kerjanya pada saat terpapar asam lambung, sukralfat akan membentuk lapisan yang melindungi luka/tukak. Sukralfat membentuk ikatan dengan protein seperti albumin, fibrinogen yang dapat melindungi tukak terhadap asam. Sukralfat dapat menyebabkan konstipasi/susah BAB. Contohnya : Ulcogant, Ulsidex.

Daftar Lengkap Harga dan Jenis Obat Pencernaan

NAMA

HARGA JUAL

SATUAN

KETERANGAN

ACITRAL LIQ

29.000

BOTOL

MAAG

ACITRAL TAB

715

BUTIR

MAAG

ACRAN 150

5.376

BUTIR

MAAG

ACTAL TAB 100′S

518

BUTIR

MAAG

ALUDONA 100′S

860

BUTIR

MAAG

ALUDONA-D 160′S

538

BUTIR

MAAG

ANTASIDA DOEN

63

TAB

MAAG

ANTASIDA STRIP

1.200

BUTIR

MAAG

BIORALIT

700

SCH

DIARE

BRAXIDIN

860

BUTIR

MAAG

BUSCOPAB AMP

20.873

BUTIR

KEJANG

BUSCOPAB TAB

2.474

BUTIR

KEJANG

BUSCOPAN +

3.420

BUTIR

KEJANG

CIMETEDINE 200 MG

158

BUTIR

MAAG

COMBANTRIN SUSP

12.000

BOTOL

CACING

COMBANTRIN TAB

5.019

BUTIR

CACING

DEXANTA SYR

12.500

BOTOL

MAAG

DEXANTA TAB 100′S

255

BUTIR

MAAG

DIAPET

1.600

STRIP

DIARE

DIAPET NR

2.800

STRIP

DIARE

DIAPET SYR 60 ML

6.600

BOTOL

DIARE

DIATABS

2.100

STRIP

DIARE

DULCOLAC SUPP 10 MG

1.751

SUPP

PENCAHAR

DULCOLAC SUPP 5 MG

11.600

SUPP

PENCAHAR

DULCOLAC TAB

1.069

BUTIR

PENCAHAR

DULCOLACTOL SYR

47.800

BOTOL

PENCAHAR

DULCOLAX

4.700

STRIP

PENCAHAR

DURADRYL INJ 15 CC

3.800

BOTOL

MUAL

ENTROSTOP

4.600

STRIP

DIARE

ENTROSTOP ANAK

1.500

SCH

DIARE BAYI ANAK

ENZYM 100 ML

20.800

BOTOL

ENZIM

ENZYM 50 ML

10.400

BOTOL

ENZIM

ENZYMFORT

858

BUTIR

ENZIM

ENZYMPLEX TAB

959

BUTIR

ENZIM

FAMOTIDINE 20 MG

238

BUTIR

MAAG

FAMOTIDINE 40 MG

363

BUTIR

MAAG

FARMACROL SUSP 100 ML

48.125

BOTOL

MAAG

FARMACROL-F TAB

825

BUTIR

MAAG

GESTAMAG SUSP

23.750

BOTOL

MAAG

GESTAMAG TAB

516

BUTIR

MAAG

GITAS +

2.475

BUTIR

KEJANG

IMODIUM

6.900

BOTOL

DIARE

INPEPSA SSP 100 ML

56.800

BOTOL

MAAG

INPEPSA SSP 200 ML

88.400

BOTOL

MAAG

KAOCITIN

11.200

BOTOL

DIARE BAYI ANAK

KAOPECTAT SYR 120 ML

26.400

BOTOL

DIARE

KAOTIN

4.200

BOTOL

DIARE BAYI ANAK

KONVERMEX

8.500

BOTOL

CACING

KONVERMEX SUSP

8.422

BOTOL

CACING

LACTO-B

3.700

SCH

DIARE BAYI ANAK

LAGAS 30 MG 20′S

13.406

BUTIR

MAAG

LANZAC 30 MG

11.000

BUTIR

MAAG

LANZOPRAZOLE 30 MG 20′S

2.200

BUTIR

MAAG

LASGAN 30 MG 20′S

12.375

BUTIR

MAAG

LAXADINE SYR 110 ML

45.600

BOTOL

PENCAHAR

LAXING 100′S

550

BUTIR

JAMU

L-BIO

4.900

SCH

DIARE BAYI ANAK

MEDIAMER B6

2.805

BUTIR

MUAL

MICROLAX

17.900

TUB

PENCAHAR

MYLANTA

4.800

STRIP

MAAG

MYLANTA FORTE

5.900

STRIP

MAAG

MYLANTA LIQ 100 ML

9.800

BOTOL

MAAG

MYLANTA SYR

29.800

BOTOL

MAAG

MYLANTA TAB

499

BUTIR

MAAG

NEO ENTROSTOP

4.700

STRIP

DIARE

NEO KAOCETIN

11.688

BUTIR

DIARE BAYI ANAK

NEO KAOLANA

13.100

BOTOL

DIARE

NEO PRODIAR SYR

19.100

BOTOL

DIARE

NEOLANTA

1.200

STRIP

MAAG

NEOSANMAG

1.700

STRIP

MAAG

NEOSANMAG FAST

2.100

STRIP

MAAG

NEW DIATAB

481

BUTIR

DIARE

NIFUDIAR SYR

41.000

BOTOL

DIARE

NIFURAL SYR K

46.500

BOTOL

DIARE

NORIT

8.300

TUB

KERACUNAN

OMEPRAZOLE 20 MG

521

BUTIR

MAAG

OMEVELL

12.375

BUTIR

MAAG

ORALIT

500

SCH

DIARE

PAPAVERIN 40 MG

181

TAB

ENZIM

PARIET 20 MG

15.834

BUTIR

MAAG

PIL SAKIT PERUT

1.500

SCH

JAMU

PLANTACID FORTE

921

BUTIR

MAAG

PLANTACID SYR

8.600

BOTOL

MAAG

PLANTACID TAB

275

BUTIR

MAAG

PLANTASID FORTE SYR

29.000

BOTOL

MAAG

POLISYLAN

875

BUTIR

MAAG

POLISYLAN SYR

20.460

BOTOL

MAAG

POLYCROL FORTE TAB

688

BUTIR

MAAG

POLYCROL TAB

500

BUTIR

MAAG

PRAZOTEC 20′S

12.925

BUTIR

MAAG

PRIMPERAN DROP

26.400

BOTOL

MUAL

PRIMPERAN SYR

19.800

BOTOL

MUAL

PRIMPERAN TAB 5 MG

688

BUTIR

MUAL

PROGASTIC 200′S

301

BUTIR

MAAG

PROMAG

4.600

STRIP

MAAG

PROMAG DOUBLE ACT

9.900

STRIP

MAAG

PROMAG TAB/STP

4.830

BUTIR

MAAG

RANITIDINE 150 MG

263

BUTIR

MAAG

RANTIN 150 MG

5.473

BUTIR

MAAG

RENALITE 200 ML

13.200

BOTOL

DIARE

SANMAG SUSP

26.400

BOTOL

MAAG

SANMAG SYR

26.400

BOTOL

MAAG

SANMAG TAB

708

BUTIR

MAAG

SOTATIC

481

BUTIR

MUAL

STROCAIN

1.808

BUTIR

MAAG

TOMIT

715

BUTIR

MUAL

TRIPANZIM CAPL

1.410

BUTIR

ENZIM

ULSAFATE SUSP 200 ML

87.100

BOTOL

MAAG

ULSIDEX

1.543

BUTIR

MAAG

ULTILOX F

715

BUTIR

MAAG

UPIXON SYR

10.300

BOTOL

CACING

VASEDON SYR

30.000

BOTOL

MUAL

VOMETA SYR 60 ML

42.800

BOTOL

MUAL

VOMITAS FDT

4.400

BUTIR

MUAL

VOMITAS SYR

42.200

BOTOL

MUAL

VOSEA

333

BUTIR

MUAL

VOSEDON SYR

30.700

BOTOL

MUAL

XERADINE 150 MG

5.250

BUTIR

MAAG

 

www.obatindonesia.com

Provided By: FARMASI OBAT INDONESIA Konsultasi, Informasi Farmasi Obat Medis dan Terapi Herbal Indonesia Supported By: GRoW UP CLINIC JAKARTA Yudhasmara Foundation GRoW UP CLINIC I Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat 10210, phone (021) 5703646 – 44466102 GRoW UP CLINIC II MENTENG SQUARE Jl Matraman 30 Jakarta Pusat 10430, Phone (021) 44466103 – 29614252 email : judarwanto@gmail.com http://growupclinic.com http://www.facebook.com/GrowUpClinic Creating-hashtag-on-twitter@growupclinic Professional Healthcare Provider “GRoW UP CLINIC” Dr Narulita Dewi SpKFR, Physical Medicine & Rehabilitation curriculum vitae HP 085777227790 PIN BB 235CF967 Clinical – Editor in Chief : Dr Widodo Judarwanto, Pediatrician Editor: Audi Yudhasmara email : judarwanto@gmail.com Mobile Phone O8567805533 PIN BBM 76211048 Komunikasi dan Konsultasi online : twitter @widojudarwanto facebook dr Widodo Judarwanto, pediatrician Komunikasi dan Konsultasi Obat Indonesia : Info Obat Medis-Tradisional Komunikasi dan Konsultasi Online Alergi Anak : Allergy Clinic Online Komunikasi dan Konsultasi Online Sulit makan dan Gangguan Berat Badan : Picky Eaters Clinic Komunikasi Profesional Pediatric: Indonesia Pediatrician Online We are guilty of many errors and many faults. But our worst crime is abandoning the children, neglecting the fountain of life.

Copyright © 2014, Farmasi Obat, Information Education Networking. All rights reserved

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s