Terapi Tradisional Untuk Flu dan Batuk

 

Terapi Tradisional Untuk Flu dan Batuk

Sakit batuk, pilek atau flu sebagian besar disebabkan karena infeksi virus. Penyakit yang disebabkan penyakit virus biasanya bersifat “self limiting disease” atau akan sembuh sendiri tanpa obat. Bila tidak mengganggu pilihan utama mungkin yang paling bijaksana adalah memilih terapi herbal dan terapi alami karena relatif murah dan minimal efek samping. Pemberian antibiotika tidak banyak bermanfaat bahkan hanya akan merugikan tubuh manusia.

Inilah Terapi Herbal dan Terapi Alami Flu dan Batuk

  • Air Garam Sebuah penelitian di The Mayo Clinik, melibatkan sekitar 400 orang secara acak selama musim batuk dan flu. Mereka diminta berkumur dengan air garam tiga kali dalam sehari, dan hasilnya kurang dari 24 jam, penyakit yang menggangu pernapasan ini mulai menurun. Garam dapat memerangi influenza yang menjengkelkan, pasalnya dalam larutan garam atau dikenal dengan larutan saline, bisa menghilangkan kelebihan cairan dari jaringan yang meradang di dalam tenggorokan, dan dengan demikian sakit pada tenggorokan pun menjadi berkurang. Berkumur dengan air garam juga efektif mengencerkan dahak sehingga mudah dikeluarkan. Dengan demikian, reaksi batuk karena dahak yang sulit keluar akan reda. Dahak yang keluar itu membawa bakteri, jamur dan bahan penyebab alergi lainnya sehingga Anda cepat terbebas dari batuk. Garam meja dapat menjadi obat saat flu karena cuaca. Efek dehidrasi dari garam dapat mengeluarkan cairan berlebih yang membuat tenggorokan bengkak sekaligus membunuh kuman. Saat merasa tenggorokan tidak enak atau berdahak, buat larutan garam dengan air hangat, dan kumur tiga kali sehari. Rasanya memang tidak terlalu enak, tapi efeknya cepat dan sangat membantu mengobati gejala flu.
  • Madu Madu Efektif Untuk Batuk Pada Anak Selama ini orangtua dan sebagian dokter selalu dengan mudah meresepkan dan memberikan obat batuk meski anak hanya mengalami batuk ringan. Di masa depan tampaknya pemberian obat-obatan tersebut akan mulai bisa dikurangi saat ditemukan terapi herbal yang lebih kecil efek samping dan dampaknya bagi tubuh manusia.Ternyata penelitian terakhir mengungkapkan bahwa madu dapat mengendalikan batuk pada anak. Penelitian terkini tersebut menyebutkan bahwa madu lebih efektif dibandingkan plasebo dalam mengontrol batuk malam hari pada anak dengan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA/URI). Kesimpulan tersebut bedasarkan penelitan acak buta ganda terkontrol yang dipublikasikan secara online 6 Agustus di Pediatrics. Organisasi Kesehatan Duniapun merekomendasikan madu sebagai pengobatan batuk pada anak dengan infeksi saluran pernapasan atas. Menurut penelitian terkini, anak-anak dengan infeksi saluran napas atas dan batuk malam hari baik diberi 1 dari 3 produk madu yang berbeda atau plasebo pada pemberian 30 menit sebelum tidur. Hasil utama yang dievaluasi adalah perubahan subyektif dalam frekuensi batuk. Hasil sekunder yang diukur termasuk perubahan dalam tingkat keparahan batuk, efek batuk pada tidur untuk kedua anak dan orangtua, dan nilai gabungan pada survei pra-dan pasca penelitian. Herman Avner Cohen, MD, Pediatric Ambulatory Community Clinic, Petach Tikva, Israel, membandingkan skor gejala untuk setiap kelompok perlakuan sebelum dan setelah intervensi dan menemukan bahwa pasien dalam semua 3 kelompok madu menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan pasien yang diobati dengan plasebo . Tidak ada perbedaan signifikan antara berbagai jenis madu.
  • Penguapan Pilek biasanya terjadi saat cuaca dingin. Karena itu menguapkan saluran pernapasan dapat membantu angin dingin keluar dari tubuh. Buat ramuan uap sesuai selera. Cukup rebus daun mint, atau rosemary, dan hirup uapnya segera. Cara lain dapat mandi uap yang juga membantu meringankan sakit kepala dan dada sesak. Untuk cara instan, menghisap permen mint dapat meredakan pilek sementara.
  • Air Cayenne Cayenne adalah sejenis rempah yang rasanya pedas dan tajam. Khasiatnya meningkatkan aliran darah sehingga sel darah yang diperlukan untuk memerangi infeksi dapat tersalur lebih cepat. Karena itu saat Anda merasa flu, segera minum larutan cayenne yang dicampur air hangat. Secara instan mengobati sakit tenggorokan parah dan meningkatkan sistem imun tubuh.
  • Bawang Putih Mentah Bawang putih kaya antioksidan yang mendukung sistem imun. Sehingga mengkonsumsi bawang putih mentah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Begitu Anda bersin, segera konsumsi bawang putih mentah yang sudah diiris tipis bersama biskuit tawar. Napas Anda akan sedikit berbau tajam, tetapi tubuh Anda akan membaik.
  • Sirup Batuk Alami Cukup tiga bahan alami untuk memerangi batuk, perasan jeruk lemon sebagai sumber vitamin C dan anti bakteri, madu sebagai peningkat stamina yang memerangi kelelahan, dan air hangat. Campurkan ketiganya dan konsumsi satu sendok teh sesering mungkin hingga batuk reda.
  • Campuran Alkohol Alkohol dalam dosis tepat membantu Anda untuk istirahat. Campurkan dengan madu membantu Anda melawan rasa pegal dan mengeluarkan keringat yang membuatdemam. Campurkan sedikit whiskey, rum, atau brandy dengan satu sendok teh madu, tiga sendok teh perasan lemon, dan teh favorit Anda (chamomile, teh mint).
  • Sup Ayam Resep orang tua zaman dulu terbukti benar. Sup ayam dapat mengurangi inflamasi dan mempercepat jalannya lendir. Untuk hasil terbaik, buat sendiri sup ayam yang terdiri dari rebusan ayam, wortel, bawang merah, dan seledri. Rebus minimal 12 jam. Semakin lama direbus, semakin banyak kebaikan protein ayam yang terlepas dari tulangnya

 

Provided By

FARMASI OBAT INDONESIA Yudhasmara Foundation email : farmasiobat@gmail.com  http://farmasiobat.com  http://www.facebook.com/GrowUpClinic Creating-hashtag-on-twitter@growupclinic

Supported By: GRoW UP CLINIC JAKARTA Yudhasmara Foundation GRoW UP CLINIC I Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat 10210, phone (021) 5703646 – 44466102 GRoW UP CLINIC II MENTENG SQUARE Jl Matraman 30 Jakarta Pusat 10430, Phone (021) 44466103 – 97730777email : judarwanto@gmail.com   http://growupclinic.com http://www.facebook.com/GrowUpClinic Creating-hashtag-on-twitter@growupclinic
“GRoW UP CLINIC” Jakarta Focus and Interest on: *** Allergy Clinic Online *** Picky Eaters and Growup Clinic For Children, Teen and Adult (Klinik Khusus Gangguan Sulit Makan dan Gangguan Kenaikkan Berat Badan)*** Children Foot Clinic *** Physical Medicine and Rehabilitation Clinic *** Oral Motor Disorders and Speech Clinic *** Children Sleep Clinic *** Pain Management Clinic Jakarta *** Growth Development Behaviour Clinic *** Children Behaviour Clinic *** Motoric & Sensory Processing Disorders Clinic *** NICU – Premature Follow up Clinic *** Lactation and Breastfeeding Clinic *** Swimming Spa Baby & Medicine Massage Therapy For Baby, Children and Teen ***
Professional Healthcare Provider “GRoW UP CLINIC” Dr Narulita Dewi SpKFR, Physical Medicine & Rehabilitation curriculum vitae HP 085777227790 PIN BB 235CF967  Clinical – Editor in Chief : Dr WIDODO JUDARWANTO, pediatrician email : judarwanto@gmail.com curriculum vitae Creating-hashtag-on-twitter: @WidoJudarwanto www.facebook.com/widodo.judarwanto Mobile Phone O8567805533 PIN BB 25AF7035

We are guilty of many errors and many faults. But our worst crime is abandoning the children, neglecting the fountain of life.
Information on this web site is provided for informational purposes only and is not a substitute for professional medical advice. You should not use the information on this web site for diagnosing or treating a medical or health condition. You should carefully read all product packaging. If you have or suspect you have a medical problem, promptly contact your professional healthcare provider

Copyright © 2013, Farmasi Obat,  Information Education Networking.  All rights reserved

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s