Penanganan dan Pecegahan Tenis Elbow

Penanganan dan Pecegahan Tenis Elbow

Bila seorang olahragawan atau pemain tenis memukul bola pada saat latihan secara. Berlebihan. Pada banyak kasus, pemula memiliki bentuk permainan yang buruk, menyebabkan pergelangan tangan yang dipakai rawan akan kesalahan. Bagian dari lengan bawah seperti tendon dan otot sering terpengaruh pada saat pemain melakukan suatu pegangan yang salah. Siku tenis atau epikondolitis lateral menjadi sangat nyeri dikarenakan bagian luar siku menjadi sangat tender. Air mata kecil di tendon sangat mungkin menyebabkan rasa nyeri yang tak tertahankan bagi individu untuk melanjutkan aktifitas sederhana seperti membawa atau mengangkat barang. Namun, tidak hanya pemain tenis yang membutuhkan pereda bagi nyeri siku tenis-nya, karena orang lain yang melakukan pekerjaan yang berulang seperti memukul palu atau menggunakan obeng. Terlepas dari sumber siku tenis, orang-orang yang sudah sangat terpengaruh oleh rasa nyeri apapun, mencari pereda dengan nyeri siku tenis.

Tennis elbow atau lateral epicondylitis merupakan hal yang sangat umum bagi pasien yang mencari pertolongan medis karena nyeri di siku. Penyebab tennis elbow tidaklah diketahui sebarnya, tetapi diperkirakan karena kerobekan kecil tendon yang menghubungkan otot dengan tulang di sendi bahu.

Group otot yang termasuk adalah otot ektensor pergelangan tangan, terutama otot ektensor carpi radialis brevis yang menimbulkan gejala pada tennis elbow ini.

Gejala 

Nyeri disekitar sendi siku bagian luar yang akan bertambah jika melakukan gerakan mengenggam dan mengerakkan ke arah dorsal.Hal yang paling umum pada tennis elbow yaitu :

  • Nyeri di bagian luar sendi siku
  • Nyeri saat mengangkat benda
  • Nyeri yang menjalar ke bagian lengan bawah

Nyeri yang berkaitan dengan tennis elbow biasanya bertahap, akan tetapi juga bisa terjadi secara mendadak.Umur rata rata pasien tennis elbow diantara 35 tahun sampai 65 6ahun , antara laki laki dan wanita hampir sama. Tennis elbow terjadi pada lengan yang dominan sekitar 75 persen. Semua orang bisa terkena tennis elbow akan tetapi tennis elbow sering dijumpai pada beberapa group : Pekerja Manual

Orang yang bekerja dengan menggunakan tangan mempunyai resiko tinngi untuk terjadinya tennis elbow. Pekerjaan yang bisa menyebabkan tennis elbow seperti tukang ledeng , tukang cat, tukang kebun dan tukang kayu

Olah raga yang menggunakan raket lebih gampang terjadi tennis elbow. Kurang lebih 1/3 pemain tennis mengalami tennsi elbow di sepanjang karier mereka.Hal yang serupa dengan olah raga dengan menggunakan raket, yaitu golf, pemain anggar dan ada beberapa olah raga yang lain.

Pemeriksaan

  • X-rays pasien dengan tennis elbow sebagian besar normal. Tes yang lain seperti EMG biasanya diperlukan apabila terjadi ada hal yang lain selain kondisi tennis elbow itu sendiri.
  • Penyebab lain dari nyeri sendi siku yaitu diantaranya instabilitas sendi, arthritis siku, dan radial tunnel sindrome. Biasanya kasus kasus ini sangat berbeda.

Penyebab

Penyebab pasti belum diketahui, Tennis elbow bukanlah proses peradangan yang sederhana dari tendon disekitar sendi. Tennis elbow merupan sebuah proses degeneratif sebagai proses umur atau penggunaan yang terus menerus. Gejala ini bisa berakibat akibat proses penyembuhan yang tidak sempurna dikarenakan tidak mempunyai aliran darah yang baik sehingga akan menyebabkan nutrisi dan oksigen tidak bisa mencapai tempat tesebut. sehingga akan menyebabkan tendon terjadi cidera.

Kapan Harus Konsultasi ke Pain Management Clinic:

1. Ketidak mampuan membawa benda atau menggunakan lengan
2.Nyeri di bagian luar sendi siku
3. Nyeri saat mengangkat benda
4. Nyeri yang menjalar ke bagian lengan bawah
5. Bengkak atau memar di sekitar sendi siku

Penanganan Tenis Elbow

  • Obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau aspirin untuk mengurangi rasa sakit. Dengan meredakan rasa nyeri, orang-orang dapat tetap melanjutkan aktifitas normal dalam segala cara. Rasa nyeri dapat menjadi sangat melemahkan yang menyebabkan hilangnya produktifitas dimana solusi untuk obat pereda rasa nyeri siku tenis sulit untuk dicari. Beberapa orang hampir tidak dapat menahan rasa sakit sehingga menggunakan obat bebas bisa sangat menolong mereka.
  • Diberikan es pada area yang nyeri selama tidak lebih dari 20 menit. Pastikan membungkus es didalam handuk, karena kalau terlalu dingin akan membuat kulit rusak. Es dapat meredakan nyeri siku tenis dikarenakan dapat menghambat peradangan oleh konstriksi pembuluh darah ke daerah luka. Namun, hal itu hanya mengurangi nyeri untuk jangka waktu yang pendek.
  • Penggunakan kawat gigi untuk meminimalisir pergerakan lengan. Ada beberapa jenis kawat gigi untuk siku tenis yang tersedia online sebagaimana bagusnya dengan persediaan pada toko obat. Gunakan ukuran yang sesuai dengan lengan anda. Bahan elastis harus cukup ketat untuk menekan gerakan. Pada akhirnya, lakukan beberapa latihan peregangan dan penguatan sebelum pertandingan guna menghindari siku tenis. Pada saat otot dalam kondisi pemanasan dan fleksibel, cedera menjadi minimal terjadi.
Supported by
Pain Management Clinic (Klinik Khusus Penanganan Nyeri)GRoW UP CLINIC JAKARTA Yudhasmara Foundation GRoW UP CLINIC I Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat 10210, phone (021) 5703646 – 44466102 GRoW UP CLINIC II MENTENG SQUARE Jl Matraman 30 Jakarta Pusat 10430, Phone (021) 44466103 – 97730777email : judarwanto@gmail.com   http://growupclinic.com http://www.facebook.com/GrowUpClinic Creating-hashtag-on-twitter@growupclinic
“GRoW UP CLINIC” Jakarta Focus and Interest on: *** Allergy Clinic Online *** Picky Eaters and Growup Clinic For Children, Teen and Adult (Klinik Khusus Gangguan Sulit Makan dan Gangguan Kenaikkan Berat Badan)*** Children Foot Clinic *** Physical Medicine and Rehabilitation Clinic *** Oral Motor Disorders and Speech Clinic *** Children Sleep Clinic *** Pain Management Clinic Jakarta *** Autism Clinic *** Children Behaviour Clinic *** Motoric & Sensory Processing Disorders Clinic *** NICU – Premature Follow up Clinic *** Lactation and Breastfeeding Clinic *** Swimming Spa Baby & Medicine Massage Therapy For Baby, Children and Teen ***
Professional Healthcare Provider “GRoW UP CLINIC” Dr Narulita Dewi SpKFR, Physical Medicine & Rehabilitation curriculum vitae HP 085777227790 PIN BB 235CF967  Clinical – Editor in Chief : Dr Widodo Judarwanto, Pediatrician email : judarwanto@gmail.com Mobile Phone O8567805533 PIN BB 25AF7035 curriculum vitae   Creating-hashtag-on-twitter: @WidoJudarwanto   www.facebook.com/widodo.judarwanto

We are guilty of many errors and many faults. But our worst crime is abandoning the children, neglecting the fountain of life.
Information on this web site is provided for informational purposes only and is not a substitute for professional medical advice. You should not use the information on this web site for diagnosing or treating a medical or health condition. You should carefully read all product packaging. If you have or suspect you have a medical problem, promptly contact your professional healthcare provider

Copyright © 2013, Pain Management Clinic Information Education Network. All rights reserved

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s