Kenali Bahaya Vitamin B Mengandung Steroid

Kenali Bahaya Vitamin B Mengandung Steroid

Badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat (FDA) mengeluarkan peringatan agar konsumen menghindari suplemen vitamin B yang dijual Healthy Life Chemistry oleh Purity First karena mengandung steroid anabolik yang berbahaya.  FDA mengatakan suplemen B-50 tersebut positif mengandung methasterone dan dimethazine, dua jenis steroid yang terkadang dipakai secara ilegal oleh binaragawan. Kedua steroid tersebut juga tidak tercantum dalam kemasan suplemen.

Regulator pengawasan obat dan makanan Amerika Serikat (FDA) memperingatkan konsumen untuk menghindari satu merek suplemen vitamin B karena mengandung steroid anabolik, yang berpotensi membahayakan. Menurut Food and Drug Administration, tes laboratorium awal menunjukkan produk, dengan nama Healthy Life Chemistry by Purity First B-50, berisi methasterone dan dimethazine. Produk ini dipasarkan sebagai vitamin.

FDA juga telah menerima 29 laporan efek samping terkait produk suplemen itu, antara lain kelelahan, kram otot dan nyeri. Beberapa kasus bahkan memerlukan perawatan dokter, meski tidak ada laporan kematian atau kerusakan liver.

Suplemen vitamin B berbahaya itu diproduksi oleh Mira Health Product di Farmingdale, New York, dijual secara online dan di toko-toko di seluruh Amerika hingga mancanegara. Sejauh ini, belum ada pernyataan resmi dari perusahaan itu. Perusahaan tersebut juga menolak perintah FDA untuk secara suka rela menarik produk ini.

Efek Samping Steroid

Sebagian besar penelitian dilakukan pada efek samping negatif dari steroid dan berdasarkan laporan kasus, penelitian retrospektif atau prospektif besar telah dilakukan . Berikut adalah daftar dari beberapa diketahui potensi efek samping penggunaan steroid .

Kortikosteroid oral atau injeksi adalah obat yang digunakan untuk mengobati peradangan di dalam tubuh . Ketika diambil dalam bentuk lisan atau disuntikkan , rute administrasi disebut ” sistemik . ” Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit , seperti lupus eritematosus sistemik , rheumatoid arthritis , dan penyakit autoimun lainnya . Steroid sistemik juga digunakan untuk mengobati serangan asma , dan pada kesempatan , parah gejala rhinitis alergi . Contohnya termasuk prednisone , methylprednisolone ( Medrol paket dosis ) , dan suntik triamsinolon ( Kenalog ) .

Ketika orang berpikir tentang efek samping steroid , itu biasanya berarti efek samping steroid sistemik . Sementara steroid sistemik sering diperlukan dan obat-obatan yang menyelamatkan jiwa diperlukan untuk mengobati peradangan, mereka tidak datang tanpa efek samping . Kebanyakan efek samping dari penggunaan jangka pendek, . Namun penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan efek samping tambahan

Efek Samping Jangka Pendek

  • Sebagaian besar orang menerima obat golongan steroid dan mengalami efek samping hanya sementara . Hal ini mungkin termasuk peningkatan nafsu makan , sulit tidur (insomnia ) , perubahan suasana hati dan perilaku , flushing ( kemerahan ) pada wajah , dan berat badan jangka pendek karena retensi air meningkat . Efek samping ini biasanya membaik setelah beberapa hari setelah steroid telah dihentikan.
  • Orang dengan kondisi medis yang mendasari mungkin juga melihat efek samping lainnya. Mereka dengan diabetes mellitus dapat melihat peningkatan dalam pembacaan gula darah mereka, orang-orang dengan tekanan darah tinggi mungkin melihat tekanan darah mereka pembacaan naik  Orang dengan glaukoma bisa memiliki peningkatan tekanan di dalam mata mereka , orang-orang dengan gagal jantung kongestif dapat menahan air dan memiliki memburuknya kondisi ini . Orang dengan penyakit kronis yang mendasari harus diikuti oleh dokter mereka saat mengambil steroid sistemik .

Efek Samping Jangka Panjang Steroid sistemik

  • Ketika steroid sistemik digunakan untuk jangka waktu yang lama , atau bila steroid yang diambil pada beberapa kesempatan , efek samping yang lebih serius dapat terjadi . Hal ini untuk alasan ini bahwa dosis dan durasi steroid sistemik harus diminimalkan bila memungkinkan . Beberapa efek samping dapat dikurangi dengan mengambil steroid sistemik setiap hari , bukan setiap hari , bahkan jika dosis total adalah sama . Banyak efek samping yang reversibel jika steroid dihentikan , sedangkan efek samping lain mungkin permanen .
  • Efek samping dari penggunaan steroid jangka panjang meliputi : glaukoma,  katarak, Tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes melitus, kegemukan, Gastrpoesephageal (GERD), osteoporosis, miopati, kenaikan beberapa jenis infeksi dan  sindrom Cushing
  • Orang yang memakai steroid sistemik jangka panjang harus dimonitor secara seksama untuk penyakit di atas, dan harus mengambil obat-obatan untuk mencegah osteoporosis . Obat-obatan ini mungkin termasuk kalsium tambahan dan vitamin D , bersama dengan obat-obatan untuk mencegah kehilangan tulang yang disebut bifosfonat . Contoh bifosfonat termasuk alendronate ( Fosamax ) , risedronate ( Actonel ) dan ibandronate ( Boniva ) . Sering mengukur kepadatan mineral tulang juga harus dilakukan pada orang yang memakai steroid sistemik jangka panjang.

Efek Samping Steroid dalam Tubuh

Efek samping steroid pada tubuhmanusia sangat banyak dan dapat menyebabkan beberapa efek samping yang serius termasuk kanker , tetapi banyak pengguna olahraga memilih untuk mengabaikan informasi tentang efek samping , bahkan sampai menggunakan alasan ” hanya penyalahgunaan obatnya yang menyebabkan efek samping ” tetapi setiap obat yang mengubah homeostasis tubuh akan berpengaruh .

Melihat berbagai dampak pada organ tubuh secara lebih rinci kita dapat melihat bagaimana steroid dapat mempengaruhi setiap bagian tubuh yang berbeda :

  • Otak : Penelitian telah menunjukkan pola antara kadar testosteron tinggi dan perilaku agresif , yang sering dianggap sebagai pengguna yang terlibat dalam tindak kekerasan . Seringkali steroid telah digunakan sebagai alasan untuk perilaku seseorang agresif . Pengguna Dosis tinggi juga telah berpengaruh pada sindrom psikotik dan tingkat kecemasan tinggi. Efek lainnya yang muncul adalah , gangguan tidur , perasaan euforia , tingginya tingkat paranoia , berbagai tahap depresi , dengan beberapa pengguna mengalami perubahan suasana hati yang ekstrim , serta perubahan dalam kepribadian mereka . Sejumlah besar pengguna menjadi tergantung pada penggunaan steroid yang kemudian dapat menyebabkan kecanduan
  • Wajah : Hasil penggunaan steroid dalam tingkat tinggi retensi air ( edema ) yang mengarah ke pengguna menjadi ” bulat menghadapi ” dengan pipi bengkak . Pada wanita laporan menunjukkan efek dari pertumbuhan rambut wajah cukup umum , bau mulut adalah efek yang cukup umum seperti suara perempuan menjadi serak oleh pendalaman suara . Steroid juga sering mempengaruhi kulit wajah dan tubuh dengan menyebabkan jerawa
  • Mata : penggunaan jangka panjang steroid benar-benar dapat merusak mata , sehingga infeksi mata , katarak atau glaukoma
  • Rambut : Pola kebotakan pada pria adalah umum di kedua perempuan dan laki-laki karena konversi tingkat tinggi testosteron menjadi dihidrotestosteron atau DHT , menyebabkan folikel rambut menyusut , yang hanya kemudian menghasilkan rambut yang sangat halus . Akhirnya dengan penggunaan steroid terus folikel rambut mati menyebabkan kebotakan permanen.
  • Sistem Jantung Kardiovaskular  : Bagian ini pengguna steroid harus paling peduli , tetapi biasanya memilih untuk mengabaikan sampai peristiwa kardiovaskular yang serius terjadi . Penggunaan steroid menyebabkan penyakit jantung dan menjadi jelas karena kenaikan tinggi dalam kadar kolesterol total , menyebabkan penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah yang juga dapat menyebabkan stroke . Juga ditampilkan adalah penurunan tingkat kolesterol baik ( HDL ) dan peningkatan kolesterol jahat ( LDL ) . Tekanan darah dikenal untuk meningkatkan dan bekuan darah dalam pembuluh darah mengganggu aliran darah menyebabkan kerusakan pada otot jantung yang menyebabkan serangan jantung . Pembesaran jantung , pendahulu untuk gagal jantung , tekanan darah tinggi , aterosklerosis atau pengerasan arteri , pendahulu untuk penyakit jantung koroner , kadar kolesterol tinggi , jantung berdebar-debar , serangan jantung , stroke, anafilaksis dan syok septik
  • Sistem Reproduksi : Pada laki-laki , kelebihan testosteron diubah menjadi hormon estrogen pada wanita yang menyebabkan perkembangan karakteristik perempuan. Misalnya , pria mengalami pembesaran prostat , kemandulan , disfungsi seksual , kebotakan , pembesaran payudara , dan atrofi testis . Kelebihan testosteron pada wanita memiliki efek sebaliknya , menyebabkan ketidakteraturan menstruasi , pendalaman suara , kebotakan , kerusakan janin , pertumbuhan rambut pada bagian lain dari tubuh , disfungsi seksual , kemandulan , pengurangan payudara , dan pembengkakan genitalia .
  • Organ Vital : penggunaan steroid dalam jumlah banayak dan berkepanjangan  secara permanen dapat merusak hati , menyebabkan kanker , sakit kuning , pendarahan , dan hepatitis . Steroid dapat merusak ginjal menyebabkan batu ginjal dan penyakit ginjal
  • Perut : tanda-tanda normal masalah dengan lambung dari penggunaan steroid meliputi perasaan yang membengkak , perasaan mual yang mengarah ke serangan muntah darah kadang-kadang menjadi jelas dalam muntah yang disebabkan oleh iritasi pada lapisan lambung dan meningkatkan asam lambung dengan rendah tingkat lendir lambung
  • Ginjal : Ginjal penting untuk penghapusan bahan limbah dari darah dan pengaturan kadar garam dan air . Fungsi penting lain dari ginjal adalah pengaturan tekanan darah, tekanan darah tinggi merusak pembuluh darah dan sistem penyaringan ginjal . Terjadinya masalah ginjal terjadi terutama dengan penggunaan steroid oral dengan penekanan faktor pembekuan darah yang mengarah ke peningkatan pembekuan darah berikut pemotongan waktu atau cedera . Ginjal harus bekerja lebih keras dengan penggunaan steroid lisan karena meningkatkan kebutuhan untuk menyaring darah . Pengguna steroid juga biasanya resor untuk ultra asupan protein tinggi , kadang-kadang jauh melebihi asupan normal yang terlibat dengan latihan beban yang dapat menyebabkan batu ginjal . Batu ginjal dapat memblokir pembukaan saluran kemih menyebabkan masalah dengan ekskresi urin . Tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan masalah pada ginjal dengan merusak pembuluh darah dengan menyebabkan penebalan dan menyempit pembuluh darah yang mengarah ke berkurangnya pasokan darah dan filtrasi . Produk Beracun seperti steroid menempatkan ginjal di bawah tekanan dan dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dan tekanan darah tinggi . Masalah ginjal yang tercermin dengan nyeri punggung bawah , meningkat pembengkakan pada bagian bawah kaki dan pergelangan kaki , dan demam
  • Hati : Hati adalah organ terbesar dari tubuh digunakan untuk menyaring racun berbahaya dari darah dan untuk penyimpanan nutrisi tertentu seperti vitamin / mineral . Hal ini juga penting untuk tingkat pengelolaan bahan kimia seperti protein , kolesterol , dan gula. Hati juga digunakan untuk produksi empedu untuk membantu pencernaan makanan.  Berdasarkan studi estrogen dalam 1970-an dan 1980-an , steroid dapat menyebabkan tumor tertentu dan kerusakan hati. Penggunaan steroid telah terbukti menyebabkan kerusakan hati ireversibel dan kanker. Steroid oral sulit bagi hati untuk metabolisme menyebabkan penurunan kemampuan hati untuk membersihkan produk-produk limbah. Beberapa steroid palsu telah dikenal untuk membawa semua jenis bakteri dan virus yang menyebabkan fungsi hati yang merugikan. Hepatocellular penyakit kuning yang jelas oleh menguningnya kulit dan mat , dapat disebabkan oleh kelainan fungsi hati sebagai hati tidak dapat secara efektif menyaring darah.
  • Dada : Perkembangan payudara ( Gynocomastia ) dari penggunaan steroid adalah sangat umum dan efek samping yang sering terlihat dari siklus steroid jangka panjang atau penggunaan steroid dosis tinggi , menyebabkan pembentukan jaringan payudara yang dimulai sebagai benjolan terlihat di bawah puting yang biasanya membutuhkan intervensi bedah . Payudara pengguna steroid perempuan benar-benar dapat menyusut ukurannya
  • Tulang : Penggunaan steroid oleh remaja laki-laki di awal dua puluhan yang belum berhenti tumbuh dapat mengganggu pertumbuhan tulang yang mengarah ke yang lebih pendek tinggi di masa dewasa karena penutupan dini piring pertumbuhan epifisis . Nyeri tulang juga dapat menjadi efek samping dari penggunaan steroid
  • Otot dan Tendon : Penggunaan steroid bisa membuat seseorang merasa lebih kuat dari mereka sebenarnya , sehingga mencoba untuk mengangkat beban lebih berat daripada tubuh mereka sebenarnya mampu , yang dapat menyebabkan air mata otot . Otot bisa kuat lebih cepat daripada kekuatan tendon maka kemungkinan besar pecah tendon mungkin terjadi
  • Kulit : Penggunaan steroid dapat memiliki efek pada kulit pengguna dengan mempengaruhi pori-pori kulit dan menyebabkan kekasaran dalam tekstur kulit . Kondisi kulit lainnya yang sering terlihat adalah jerawat , kulit berminyak merah dengan jerawat di wajah dan punggung . Stretch mark juga bisa muncul karena pertumbuhan yang cepat dari otot atau penipisan kulit . Sebagaimana disebutkan di atas steroid mempengaruhi hati dan efek samping adalah penyakit kuning, ini menjadi jelas oleh menguningnya kulit dan mata
  • Gangguan sistem kekebalan tubuh : Sebuah fungsi kekebalan tubuh terganggu dapat terjadi dengan penggunaan steroid dengan masalah yang terjadi setelah penghentian dan efek menjadi lebih terlihat
  • Edema : Penampilan yang membengkak dan disebabkan oleh akumulasi cairan yang banyak dilihat sebagai pergelangan kaki bengkak dan jari
  • Kelenjar prostat : Kelenjar prostat adalah khusus untuk laki-laki dan terletak tepat di bawah kandung kemih , fungsi utamanya adalah produksi cairan prostat , komponen cairan mani dan juga untuk menjaga aktivitas sperma . Steroid diketahui menyebabkan pembesaran kelenjar prostat , dan sebagai kelenjar bersujud mengelilingi uretra setiap pembengkakan sujud dapat menyebabkan gangguan pada aliran urine . Pria harus dibuat sadar bahwa setiap perubahan dalam kelenjar prostat juga dapat mempengaruhi aktivitas seksual . Efek lain yang bisa terjadi adalah sperma yang abnormal dan jumlah sperma menurun
  • Keracunan Darah : Banyak pengguna steroid sering takut untuk pergi ke pertukaran jarum suntik untuk mendapatkan pasokan jarum steril dalam kasus mereka diberi label pecandu , sering mengakibatkan penggunaan , atau berbagi jarum suntik steril rokok, yang dapat menyebabkan keracunan darah dengan risiko tinggi infeksi dan penyakit menular . Tempat suntikan pengguna juga dapat menjadi bengkak dan sakit dan dapat menyebabkan abses yang kemudian dapat menyebabkan kebutuhan intervensi medis yang menyakitkan
  • Impotensi : Mengambil steroid akan menyebabkan testis untuk mengurangi fungsi normal . Ketika menghentikan suplementasi testosteron dibutuhkan waktu untuk kelenjar pituitari untuk sinyal testis untuk sekali lagi mulai testosteron manufaktur . Dalam istilah atau tinggi testosteron dosis panjang menggunakan testis benar-benar dapat menghentikan produksi atau dapat benar-benar atrofi yang dapat menyebabkan penundaan yang lama dalam testis awal manufaktur testosteron secara alami . Impotensi terjadi setelah penghentian steroid , dan penggunaan obat jangka panjang menyebabkan kurangnya ereksi
  • Maskulinisasi Hal ini lebih sering terjadi pada wanita dan biasanya karena peningkatan testosteron . Efek samping kebanyakan ireversibel meliputi peningkatan rambut wajah , – pola laki-laki kebotakan , peningkatan jerawat , perubahan tekstur kulit , pertumbuhan rambut wajah dan tubuh , agresivitas , dan lekas marah
  • Feminisasi Feminisasi hanya terjadi pada pria dan terjadi ketika testosteron yang berlebihan diubah menjadi hormon estrogen pada wanita . Hal ini menyebabkan pembentukan payudara , penurunan jumlah sperma , penurunan libido , testis menyusut , massa otot lembut dan impotensi . Dengan terapi obat , efek samping dapat dibalik
  • Kardiovaskular Pengguanaan steroid meningkatkan tingkat kolesterol dalam tubuh dengan meningkatkan ” kolesterol jahat , ” yang dapat menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah – meninggalkan pengguna rentan terhadap penyakit jantung dan stroke . Selain itu, steroid memicu peningkatan pesat dalam berat badan dan kenaikan atas tekanan darah , keduanya meninggalkan pengguna lebih rentan terhadap peristiwa kardiovaskular . Efek samping ini dapat dibalik sejauh jika mereka tertangkap sebelum seseorang memiliki serangan jantung atau stroke
  • Pertumbuhan Terganggu Hal ini merupakan efek samping penting untuk menyebutkan untuk atlet sekolah tinggi karena steroid dapat menyebabkan penutupan dini lempeng pertumbuhan , menyebabkan pertumbuhan terhambat
  • Kulit Kulit adalah organ terbesar dari tubuh manusia dan merupakan organ yang paling sensitif terhadap steroid – terutama pada wanita . Pori-pori besar dan tumbuh masalah jerawat yang tidak dibantu oleh khas obat over-the -counter dapat terjadi . Stretch mark juga menjadi menonjol , meskipun mereka tidak secara langsung disebabkan oleh steroid . Mereka berasal dari kenaikan berat badan yang cepat dan pertumbuhan otot yang membawa steroid
  • Neuropsikiatri Efek samping berupa gangguan Neuropsikiatrik sebagian besar bukan hanya didasarkan pada laporan kasus , tetapi telah dipelajari oleh dua psikiater Harvard menonjol, Drs . Harrison Paus dan Kurt Brower dari Rumah Sakit McLean di Belmont. Pada penelitian kecil menunjukkan bahwa penyalahgunaan jangka panjang dapat meniru gangguan bipolar . Gejala akan mulai dengan mania yang mengarah ke agresivitas , perilaku sembrono dan kebutuhan berkurang untuk tidur juga dikenal sebagai ” Roid rage “. Beberapa atlet  profesional bisa mencari efek samping terakhir ini , karena bisa menimbulkan motivasi untuk bekerja lebih keras dan tingkat yang lebih tinggi agresi saat bermain olahraga . Hal ini hampir selalu diikuti oleh depresi mendalam yang kemudian dapat menyebabkan perilaku bunuh diri . Ada aspek psikologis diduga kecanduan untuk penggunaan steroid yang mengarah atlet menjadi kecanduan cara mereka merasa pada steroid dan cara mereka melihat – mungkin menyebabkan penyalahgunaan steroid lanjutan setelah mereka melakukan olahraga berlebihan.

 

Provided By

FARMASI OBAT INDONESIA
Yudhasmara Foundation www.obatindonesia.com Supported By: GRoW UP CLINIC JAKARTA Yudhasmara Foundation GRoW UP CLINIC I Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat 10210, phone (021) 5703646 – 44466102 GRoW UP CLINIC II MENTENG SQUARE Jl Matraman 30 Jakarta Pusat 10430, Phone (021) 44466103 – 97730777email : judarwanto@gmail.com   http://growupclinic.com http://www.facebook.com/GrowUpClinicCreating-hashtag-on-twitter@growupclinic
“GRoW UP CLINIC” Jakarta Focus and Interest on: *** Allergy Clinic Online *** Picky Eaters and Growup Clinic For Children, Teen and Adult (Klinik Khusus Gangguan Sulit Makan dan Gangguan Kenaikkan Berat Badan)*** Children Foot Clinic *** Physical Medicine and Rehabilitation Clinic *** Oral Motor Disorders and Speech Clinic *** Children Sleep Clinic *** Pain Management Clinic Jakarta *** Growth Development Behaviour Clinic *** Children Behaviour Clinic *** Motoric & Sensory Processing Disorders Clinic *** NICU – Premature Follow up Clinic *** Lactation and Breastfeeding Clinic *** Swimming Spa Baby & Medicine Massage Therapy For Baby, Children and Teen ***
Professional Healthcare Provider “GRoW UP CLINIC” Dr Narulita Dewi SpKFR, Physical Medicine & Rehabilitation curriculum vitae HP 085777227790 PIN BB 235CF967  Clinical – Editor in Chief : Dr WIDODO JUDARWANTO, pediatrician email : judarwanto@gmail.com curriculum vitae Creating-hashtag-on-twitter: @WidoJudarwanto www.facebook.com/widodo.judarwanto Mobile Phone O8567805533 PIN BB 25AF7035 We are guilty of many errors and many faults. But our worst crime is abandoning the children, neglecting the fountain of life.
Information on this web site is provided for informational purposes only and is not a substitute for professional medical advice. You should not use the information on this web site for diagnosing or treating a medical or health condition. You should carefully read all product packaging. If you have or suspect you have a medical problem, promptly contact your professional healthcare provider
Copyright © 2014, Farmasi Obat,  Information Education Networking.  All rights reserved

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s