Profil Lengkap dan Sejarah Fakutas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang

Profil dan Sejarah Fakutas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang

sejarah1Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya berawal dari sebuah sekolah kedokteran swasta bernama Sekolah Tinggi Kedokteran Malang (STKM) yang didirikan pada tanggal 14 September 1963. Namun kegiatan pendidikan kedokteran sudah dikenal 17 tahun sebelumnya di Malang.

Sekitar tahun 1946, sebagian besar staf pengajar eks-sekolah kedokteran di Surabaya NIAS (Nederlands Indische Artsen School), STOVIT (School Tot Opleidig Van Indische Tandartsen), mahasiswa tingkat lanjut eks- IKA DAIGAKU/SHIKA IGAKUBU (sekolah kedokteran gigi di zaman pendudukan Jepang) dari Jakarta dan Surabaya membentuk perkumpulan di Malang . Perkumpulan ini pada masa revolusi dan dalam pengungsian meneruskan pendidikan melalui pendirian Balai Pendidikan Tinggi Kedokteran/Kedokteran Gigi pada tahun 1946 , dengan memanfaatkan fasilitas Rumah Sakit Tentara Divisi VII, sekarang RSUD dr. Saiful Anwar dan Rumah Sakit Umum ,sekarang Rumah RSAD Soepraoen Malang. Dari proses inilah lahir 12 lulusan dokter gigi pertama di Republik Indonesia yang berasal dari perguruan tinggi dalam negeri. Pada bulan Juni 1947, kegiatan pendidikan terpaksa dihentikan, setelah penjajah Belanda berhasil menduduki kota Malang. Setelah penyerahan kedaulatan, pendidikan kedokteran kemudian dilanjutkan di Jakarta dan Surabaya dengan tenaga dan fasilitas yang lebih lengkap.

sejarah2Kelahiran PTKM dan STKM. Pemikiran untuk mendirikan kembali Sekolah Tinggi Kedokteran di Malang muncul kembali pada tahun 1960-1962. Dengan dukungan para tokoh masyarakat, panitia ad hoc Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Malang, memulai pembentukan Panitia Pendiri Fakultas Kedokteran. Atas dukungan dari pejabat-pejabat sipil dan militer di kota Malang , maka dapat diresmikan pembukaan : Perguruan Tinggi Kedokteran Malang (PTKM) pada tanggal 14 September 1963 oleh Menteri Kesehatan saat itu : May.Jen. dr. Satrio, dengan menampung 105 mahasiswa angkatan pertama. Selanjutnya tanggal 18 Maret 1964 PTKM diubah dan terdaftar di Departemen Perguruan Tinggi No. 76/B.swt/P/64, menjadiSekolah Tinggi Kedokteran Malang (STKM), dengan fasilitas pendidikan yang terbatas, namun kaya semangat , dedikasi dari para : pendiri, pengajar, sekretariat,mahasiswa, orang tua siswa, instansi terkait serta pengorbanan dari masyarakat yang menjadi komponen pendidikan dokter.

Dari STKM menjadi FK Universitas Brawijaya

sejarah3Sejak berdiri tanggal 14 September 1963 sampai menjadi FK Universitas Brawijaya (FK UB), STKM telah berganti 5 kali pimpinan, mulai: Kol.dr.Sambiono, dr.G.Djauhar(ahli bedah), Kol.dr.P.Mamahit, dr. G.Djauhar,dr.M.Mudarso. Dalam perjalanan STKM pernah menggunakan kantor sekretariat gedung: Gaperoma, Kes.Dam Brawijaya.Kegiatan perkuliahan dan praktikum juga menggunakan fasilitas: Rumah Sakit Umum, RS Tentara, IKIP Malang (sekarang UM),Dinas Kesehatan,RS Jiwa Lawang dll. Dengan diawasinya pendidikan kedokteran swasta oleh National Board Consortium Medical Science (NB/CMS), maka STKM juga telah mengikuti proses evaluasi pendidikan, berupa ujian: E1,E2,E3a, E3b, dan E4a untuk calon dokter muda (DM) dan ujian dokter dilakukan oleh FK UNAIR Surabaya. Semangat untuk maju juga telah ditunjukkan dengan adanya kerjasama penelitian kedokteran (gondok endemis) di Kabupaten Malang dengan tim dokter dari Toho University Japan. Sebelum penegrian STKM hanya mampu mencetak 31 dokter melalui ujian NB/CMS .

sejarah4Sejak tanggal 1 Januari 1976 STKM telah mendapat predikat FK Negeri dan menjadi bagian dari Universitas Brawijaya Malang, sehingga selanjutnya seluruh proses pendidikan dan ujian dari 765 mahasiswa dan 426 dokter muda dilakukan sendiri oleh 53 dosen tetap dan 36 tidak tetap.Fasilitas gedung FK UB dulu menempati beberapa gedung pinjaman dari fakultas lain, sebelum mampu membangun komplek gedung FK UB sekarang. Perkembangan pendidikan kedokteran di FK UB berjalan lebih maju dan hal ini terbukti dari penilaian akreditasi A , oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (surat No.003/BAN-PT/Ak-XI/S1/2008), dan selanjutnya sampai saat ini FK UB telah memiliki: 16 Program studi (prodi) pendidikan dokter spesialis, Prodi Ilmu Keperawatan,Gizi Kesehatan, Kedokteran Gigi, Farmasi,Kebidanan.Disisi lain pendidikan pasca sarjana yang sudah berjalan adalah: Program Magister (S2) Ilmu Biomedik, Manajemen Rumah Sakit (MMRS), Keperawatan,Kebidanan, serta Program doktor (S3) Ilmu Kedokteran.

Penegerian STKM

sejarah5Sejak berdiri tanggal 14 September sampai penegerian tanggal 1 Januari 1974, STKM telah berganti dekan sebanyak 5 kali, berturut-turut yaitu dr. Sambiono, dr.G.Djauhar, dr. P. Mamahit, kembali dr. G. Djauhar dan dr. Moedarso. Setelah melalui perjuangan yang tidak mudah, akhirnya pada tanggal 1 Januari 1974 keluarlah SK Men.Dik.Bud No. 001/0/1974 tentang penegerian dan peresmiannya dilaksanakan oleh Menteri sendiri pada tanggal 23 Februari 1974 bersamaan dengan Dies Natalis UNIBRAW ke XI. Akhirnya pada tanggal 14 Januari 1974, Sekolah Tinggi Kedokteran Malang resmi bergabung dengan Universitas Brawijaya yang berstatus perguruan tinggi negeri dan berganti nama menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya FK UB.

Sekretariat FKUB

Pada saat penegerian FK UNIBRAW secara fisik belum memiliki kampus. Sampai dengan tahun 1975 kantor/Sekretariat FK UB berada di gedung GAPEROMA Jl. Bromo 25 Malang. Setelah itu Serkretariat FKUB dipindahkan ke Jl. Guntur 1 menempati bekas Kantor Pusat UNIBRAW. Tahun berikutnya setelah Kantor Pusat UNIBRAW selesai dibangun, kantor FK pindah lagi menempati ruang gambar Fakultas Teknik.

Perkuliahan dan Praktikum

Perkuliahan dan praktikum yang semula menggunakan fasilitas IKIP Malang, pada tahun 1975 mulai menggunakan laboratorium Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik, sedang laboratorium anatomi masih tetap di RST. Soepraoen jl. Sukun. Untuk Ruang Kuliah, beberapa laboratorium masih menggunakan ruangan-ruangan yang dipinjamkan oleh RS dr. Saiful Anwar.

Pelaksanaa Ujian

  • Ujian-ujian untuk kenaikan tingkat mahasiswa FKUB masih tetap dilaksanakan oleh NB/CMS (National Board Consortium Medical Sciences) Yaitu E1, E2, E3a, E3b, kemudian untuk bisa mengikuti coas (DM) harus lulus ujian E4a.
  • Setelah FKUB mempunyai dosen tetap sebanyak 53 orang dan dosen tidak tetap 36 orang, maka NB/CMS dengan suratnya tertanggal 21 Juli 1976, No. 446/DN/1976 memberi kewenangan kepada FKUB untuk menguji dokter sendiri.
  • Dengan kewenangan tersebut maka mahasiswa yang pada saat penegerian berjumlah 765 orang dengan 426 dokter muda yang sudah lulus ujian NB/CMS-E3b, bisa diuji sendiri dan dapat diselesaikan dalam waktu 2,5 tahun. Mengingat saat penegerian hanya 1 orang dokter yang dihasilkan STKM, 30 dokter hasil ujian NB/CMS, berarti sejak tahun 1976 semua dokter adalah dokter lulusan FK UNIBRAW.
  • Selanjutnya, sesuai dengan perencanaan kampus Univ. Brawijaya, maka gedung untuk FK dibangun di bagian Tenggara kampus di daerah Sumbersari.

Akreditasi Fakultas Kedokteran

Untuk menentukan statusnya, maka Fakultas Kedokteran perlu diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi. Saat ini Fakultas Kedokteran telah terakreditasi dan mendapatkan nilai A dengan Surat No.003/BAN-PT/Ak-XI/S1/2008.

Dalam perkembangan selanjutnya, sesuai dengan kebutuhan masyarakat,maka FKUB membuka Jurusan / Program Studi yaitu :

  • Ilmu Keperawatan pada tahun 1999 (program alih jenjang), 2001 mahasiswa baru
  • Gizi Kesehatan pada tahun 2004
  • Kedokteran Gigi pada tahun 2008
  • Farmasi pada tahun 2009
  • Kebidanan pada tahun 2009
  • Sesuai dengan kebijakan Rektor yang mewajibkan bahwa setiap Program Studi S2 dan S3 harus berada di bawah Fakultas masing – masing, maka saat ini dibawah FK UB ada beberapa Program Pascasarjana antara lain :
  • Program Magister (S2) Ilmu Biomedik
  • Program Magister (S2) Manajemen Rumah Sakit (MMRS)
  • Program Magister (S2) Keperawatan
  • Program Magister (S2) Kebidanan
  • Program Doktor (S3) Ilmu Kedokteran
  • Bidang pendidikan profesi dokter spesialis, FKUB telah memiliki 16 Program Studi Pendidikan dokter spesialis.

Visi Misi

  • Visi : Menjadi Institusi Pendidikan Kedokteran dan Ilmu Kesehatan yang Terkemuka serta Bertaraf Internasional
  • Misi : Merintis Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Bidang Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Terkini Serta Bermutu.
  • Nilai: Responsif, EfektifdanEfisien, Suportif, Inovatif, Komitmen

Tujuan

  • Tercapainya hasil penyelenggaraan Fakultas di bidang Pendidikan Tinggi berupalulusan yang beriman, bertaqwa, berakhlak terpuji, berwawasan Kedaruratan Medik, dan memiliki profesionalisme untuk mampu bersaing dalam skala nasional maupun internasional.
  • Tercapainya hasil penyelenggaraan Fakultas di bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat berupa Riset dan Karya Ilmiah di bidang Ilmu-Ilmu Kesehatan terkini untuk dimanfaatkan bagi pengembangan ilmu, pendidikan serta pelayanan kepada masyarakat yang menjadi stakeholders nya.
  • Tercapainya hasil pengembangan Organisasi dan Manajemen Fakultas berupa struktur organisasi dan tata kelola yang lebih otonom, sehat, berbasis Teknologi Informasi, dan menjadi institusi yang memiliki daya saing nasional yang tinggi.
  • Terjalinnya kerjasama pengembangan insitusional, pendidikan, dan penelitian baik pada tingkat regional, nasional, maupun pada tingkat internasional untuk mempercepat pencapaian visi/misi.

Struktur Organisasi

struktur organisasi fkub

Instansi dan Kerjasama

No.
Nama Instansi
Jenis Kegiatan
Kurun Waktu Kerjasama
Mulai
Berakhir

1

RSU Saiful Anwar

Pengelolaan dan penyelenggaraan RSU Dr. Saiful Anwar Sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama

2009

2015

RS. Jejaring

No.
Nama Instansi
Jenis Kegiatan
Kurun Waktu Kerjasama
Mulai
Berakhir

1

RS Ngudi Waluyo Wlingi – Blitar

Pendidikan, Penelitiandan Pelayanan

2006

2011

2

RS Paru Batu

Pendidikan, Penelitiandan Pelayanan

2006

2011

3

RS Dr. Iskak Tulungagung

Pendidikan, Penelitiandan Pelayanan

2007

2012

4

RSU Kanjruhan Kepanjen Malang

Pendidikan, Penelitiandan Pelayanan

2008

2013

5

RS Panti Nirmala

Pendidikan, Penelitiandan Pelayanan

2008

2013

6

RS Dr. R. Sudarsono Pasuruan

Pendidikan, Penelitiandan Pelayanan

2009

2014

7

RS Tk. II dr. Soepraoen Malang

Pendidikan, Penelitiandan Pelayanan

2009

2014

8

RSUD Unit Swadana Pare Kab. Kediri

Pendidikan, Penelitiandan Pelayanan

2006

2011

9

RSU dr. Soedono Madiun

Pendidikan, Penelitiandan Pelayanan

2007

2012

10

RSUD Bangil Pasuruan

Pendidikan, Penelitiandan Pelayanan

2006

2011

11

RS Kusta Kediri

Pendidikan, Penelitian dan Pelayanan

2007

2012

12

Dinkes Kota Malang

Pendidikan, Penelitiandan Pelayanan

2008

2013

13

RS. Ortyhopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta

Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Orthopedi dan Traumatologi serta Ilmu Emergensi Medicine

2008

2013

14

RSUD Simeulue

Pendidikan, penelitian dan pelayanan

2009

2014

15

RS TNI AL Dr. Ramelan Surabaya

Pendidikan, penelitian dan pelayanan

2009

2014

16

RS Wava Husada

Magang

2010

2010

17

RS Baptis Kediri

Magang

2010

2010

18

RS Panti Nirmala Malang

Magang

2009

2010

19

RS. Waluyo Jati Kraksaan

Magang

2010

2010

20

RSI Aisyiyah Madiun

Magang

2010

2010

21

RSI Unisma Dinoyo

Magang

2009

2010

22

RSI Bandung Tulungagung

Magang

2010

2010

23

RSUD dr. Iskak Tulungagung

Magang

2010

2010

24

RSUD Gambiran

Magang

2010

2010

25

RSUD Kanjuruhan

Magang

2009

2010

26

RSUD Nganjuk

Magang

2010

2010

27

RSI Lumajang

Magang

2010

2010

28

RSUD Balong Jember

Magang

2010

2010

29

RS Budi Mulya Blitar

Magang

2010

2010

Kerjasama

No.
Nama Instansi
Jenis Kegiatan
Kurun Waktu Kerjasama
Mulai
Berakhir

1

Kumamoto Univerity – Japan

Foreign researcher untuk penyusunan Thesis

2

University of Munich, Germany

Joint Research

3

National Pingtung University of Science and Technology (NPUST) Taiwan

Double Degree Program

4

Fakultas Ilmu Kesehatan Univ. Kadiri

Pendidikan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya pendidikan dan latihan keperawatan

2006

2011

5

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika

Pendidikan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya pendidikan dan latihan keperawatan

2006

2011

6

Ketua Komite Pelaksanan Program Beasiswa Pendidikan Lanjutan Tenaga Kesehatan

Penyelenggaraan Beasiswa

2007

2013

7

PT Arga Bangun Bangsa

Pelatihan ESQ

2007

2012

8

Dinkes Kepulauan Aru

Pendidikan, Penelitian dan Pelayanan

2007

2012

9

Fakultas Kedokteran Gigi Univ. Indonesia

Pendidikan, Penelitian dan pengembangan kedokteran gigi

2007

2012

10

Fakultas Kedokteran Gigi Univ. Airlangga

Pendidikan, Penelitian dan pengembangan kedokteran gigi

2007

2012

11

PT. Kalbe Farma

Penyelenggaran dan peningkatan kualitas pendidikan, penelitian

2009

2014

12

Pemkab Teluk Wondama

Pengembangan SDM Bidang Kesehatan

2009

2014

13

Pemkab Lampung Tengah

Pengembangan SDM Bidang Kesehatan

2009

2014

14

Pemkab Simeule

Pengembangan SDM Bidang Kesehatan

2009

2014

15

Pemkot Bandar Lampung

Pengembangan SDM Bidang Kesehatan

2009

2014

16

Pemkab Bengkalis

Pengembangan SDM Bidang Kesehatan

2009

2014

17

Dinkes Prop. NTB

Pendidikan, penelitian dan pelayanan

2009

2014

18

RSUD Kabupaten Lembata NTT

Pendidikan, Penelitian dan Pelayanan Kedokteran dan Kesehatan

2009

2014

19

RSUD dr. Moh. Saleh Probolinggo
    – Pendampingan perhitungan Unit Cost- Survei Ability dan Willingnes to Pay

2009

2010

20

RSUD Nganjuk

Pendampingan perhitungan Unit Cost

2009

2010

21

RSUD Pare

Pendampingan perhitungan Unit Cost

2009

2010

22

IDI Madiun

Seminar Peranan Komunikasi  Efektif dan Clinical Risk Management (CRM) untuk meningkatkan Patient Safety Madiun

2009

2009

sumber: http://www.fk.ub.ac.id

www.mediaindonesiasehat.com

Provided By:

MEDIA INDONESIA SEHAT Without health life is not life; it is only a state of langour and suffering – an image of death”. When wealth is lost, nothing is lost; when health is lost, something is lost; when character is lost, all is lost”. To keep the body in good health is a duty… otherwise we shall not be able to keep our mind strong and clear. Editor in Chief : Audi Yudhasmara, Associate Editors: Sandiaz Yudhasmara Senior Advisory Panel Dr WIDODO JUDARWANTO, pediatrician, Dr Narulita Dewi SpKFR, email : audiyudhasmara@yahoo.com Mobile Phone 08992355752 PIN BBM 7413A117 Komunikasi dan Konsultasi online www.facebook.com/mediaindonesiasehat twitter: @audiyudhasmara facebook: www.facebook.com/Audi.Yudhasmara

Supported By GRoW UP CLINIC JAKARTA Yudhasmara Foundation GRoW UP CLINIC I Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat 10210, phone (021) 5703646 – 44466102 GRoW UP CLINIC II MENTENG SQUARE Jl Matraman 30 Jakarta Pusat 10430, Phone (021) 44466103 – 97730777 email : judarwanto@gmail.com www.growupclinic.com
“GRoW UP CLINIC” Jakarta Focus and Interest on: *** Allergy Clinic Online *** Picky Eaters and Growup Clinic For Children, Teen and Adult (Klinik Khusus Gangguan Sulit Makan dan Gangguan Kenaikkan Berat Badan)*** Children Foot Clinic *** Physical Medicine and Rehabilitation Clinic *** Oral Motor Disorders and Speech Clinic *** Children Sleep Clinic *** Pain Management Clinic Jakarta *** Autism Clinic *** Children Behaviour Clinic *** Motoric & Sensory Processing Disorders Clinic *** NICU – Premature Follow up Clinic *** Lactation and Breastfeeding Clinic *** Swimming Spa Baby & Medicine Massage Therapy For Baby, Children and Teen ***
Information on this web site is provided for informational purposes only and is not a substitute for professional medical advice. You should not use the information on this web site for diagnosing or treating a medical or health condition. You should carefully read all product packaging. If you have or suspect you have a medical problem, promptly contact your professional healthcare provider
Copyright © 2014, Media Indonesia Sehat Information Education Network. All rights reserved

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s