Obat Kolesterol Generik Lebih Efektif ?

Penelitian yang dipublikasikan dalam Annals of Internal Medicine menunjukkan, obat generik penurun kolesterol lebih disarankan. Studi tersebut enemukan bahwa perbedaan harga antara obat penurun kolesterol jenis statin yang generik dan yang paten berpengaruh besar dalam kepatuhan pasien mengonsumsi obat.

Orang yang mengonsumsi obat generik penurun kolesterol ternyata lebih konsisten minum obat secara teratur sehingga mereka terhindar dari penyakit jantung dan pembuluh darah. Sebaliknya dengan orang yang memilih obat paten.  Perbedaan antara obat statin yang generik dan yang paten sangat terkait dengan biaya yang lebih rendah, tingkat kepatuhan, dan hasil akhirnya secara klinis.

Dalam studi ini para peneliti mengamati 90.000 pasien berusia lebih dari 65 tahun. Pasien yang minum obat penurun kolesterol generik ternyata lebih patuh dalam menjalani pengobatannya. Perbedaan harga berperan penting dalam hal ini. Namun tentu saja penelitian ini tidak bisa diseragamkan untuk setiap populasi. Mereka yang memiliki pendapatan lebih besar atau dilindungi oleh asuransi kesehatan mungkin juga akan memiliki kepatuhan yang tinggi dalam mengonsumsi obat paten.

Kolesterol

Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroids ialah lipid yang memiliki struktur kimia khusus. Struktur ini terdiri atas 4 cincin atom karbon.

Hiperkolesterolemia berarti bahwa kadar kolesterol terlalu tinggi dalam darah.Kolesterol dapat dibuat secara sintetik. Kolesterol sintetik saat ini mulai diterapkan dalam teknologi layar lebar (billboard) sebagai alternatif LCD. Tingginya kadar kolestrol dalam tubuh menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit. Pola makan sehat merupakan faktor utama untuk mengghindari hal ini. Akan tetapi, tidak semua kolestrol berdampak buruk bagi tubuh. Hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL saja yang berakibat buruk sedangkan jenis kolestrol [ HDL] merupakan kolestrol yang dapat melarutkan kolestrol jahat dalam tubuh. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg. Kadar kolesterol yang tinggi dapat diturunkan dengan simvastatin. Juga dokter Liem menyarankan mengonsumsi bekatul sangat baik bagi kesehatan dan menurunkan kadar kolesterol. Simak beberapa manfaat bekatul terutama untuk menurunkan kolesterol

Daftar Lengkap Harga dan Jenis Obat Kolesterol

NAMA

HARGA JUAL

SATUAN

KETERANGAN

LIPITOR 40 MG

20.054

BUTIR

KOLESTEROL

ZUMAFIB 300 MG

11.633

BUTIR

KOLESTEROL

YOSENOB 300

6.789

BUTIR

KOLESTEROL

LOTYN

13.750

BUTIR

KOLESTEROL

LIPITOR 20 MG

20.054

BUTIR

KOLESTEROL

LIPITOR 10 MG

18.514

BUTIR

KOLESTEROL

EVOTHYL 300

8.250

BUTIR

KOLESTEROL

COLESTAT 10 MG

3.621

BUTIR

KOLESTEROL

PROLIPID

51.700

BUTIR

JAMU

GEMFIBROZIL 300 MG

333

TAB

KOLESTEROL

SIMVASTATIN 10 MG

674

BUTIR

KOLESTEROL

BEZALIP RETARD

12.176

BUTIR

KOLESTEROL

FIBRAMED 300 MG 30′S

8.250

BUTIR

KOLESTEROL

STATOR 20 MG

17.600

BUTIR

KOLESTEROL

STATOR 10 MG

17.600

BUTIR

KOLESTEROL

LITORCOM 20 MG

10.313

BUTIR

KOLESTEROL

LITORCOM 10 MG

10.313

BUTIR

KOLESTEROL

LIFIBRON 300 MG

2.500

BUTIR

KOLESTEROL

LIPINORM 10 MG

4.125

BUTIR

KOLESTEROL

LIFIBRON 600 MG

5.250

BUTIR

KOLESTEROL

KOLESKOL 10 MG

9.063

BUTIR

KOLESTEROL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s